12 July 2013 09:30

Nokia hari ini meluncurkan seri Lumia 1020, yang menjadi generasi kedua dari smartphone dengan sensor kamera 41 megapiksel. Berbeda dengan smartphone lainnya yang sudah ada baru-baru ini, Nokia Lumia 1020 merevolusikan konsep perbesaran gambar, memungkinkan pengguna untuk menjelajah detail gambar yang tidak terjangkau oleh mata. Melalui teknologi inovatif Nokia PureView, termasuk optical image stabilization, perangkat ini mampu menghasilkan ketajaman gambar seperti kamera digital.

Hal ini dimungkinkan oleh teknologi perangkat keras terkemuka yang dikombinasikan dengan aplikasi baru, Nokia Pro Camera, memudahkan siapapun untuk mengambil gambar secara profesional. Baik sebelum maupun setelah pengambilan gambar, kemampuan memperbesar gambarnya memungkinkan pengguna untuk menemukan berbagai cerita yang dapat diceritakan oleh setiap foto yang diambil. Antarmuka yang menarik, mendemonstrasikan bagaimana pengaturan pengambilan gambar dapat mempengaruhi hasil akhir foto maupun video. Nokia Pro Camera memudahkan pengguna dalam mengambil, mengedit dan membagi foto dan video dengan kejernihan yang tak tertandingi.

Dengan menggunakan fitur dual capture, Nokia Lumia 1020 secara bersamaan akan mengambil gambar dengan resolusi 38 megapiksel untuk dapat diedit kemudian dan juga menghasilkan gambar dengan resolusi 5 megapiksel yang memudahkan pengguna untuk berbagi foto melalui jejaring sosial dengan Windows Phone 8.

Sensor 41 megapiksel yang dimiliki Nokia Lumia 1020, hadir dengan enam lensa optik fisik ZEISS, ditambah dengan optical image stabilization, menampilkan gambar yang sangat jernih bahkan dalam kondisi dengan cahaya minimum. Nokia Lumia 1020 juga mampu menangkap video yang jernih dengan suara stereo bahkan pada konser dengan suara paling keras, berkat Nokia Rich Recording, yang mampu menangani tingkat tekanan suara enam kali lebih keras dari mikrofon smartphone konvensional.

“Kami ingin mengajak pengguna pada sebuah perjalanan dari pengambilan gambar hingga merekam dan berbagi momen dalam kehidupan mereka,” kata Stephen Elop, President and CEO, Nokia dalam siaran pers yang diterima SELULAR Online. “Nokia Lumia 1020 akan menghadirkan makna yang baru bagi dunia pencitraan dan memperkuat posisi Nokia dalam teknologi pencitraan untuk smartphone.”

Nokia juga meluncurkan software development kit (SDK) terbaru yang menyediakan fitur-fitur editing utama untuk Nokia Lumia 1020 kepada para pengembang aplikasi. SDK ini sudah tersedia melalui developer.nokia.com hari ini, dengan beberapa nama pengembang seperti Vyclone, Yelp dan CNN yang mengintegrasikan fitur-fitur ini untuk diluncurkan kemudian.

Hipstamatic juga meluncurkan Oggl PRO, sebuah aplikasi ekslusif untuk Nokia Lumia 1020 menawarkan aplikasi editing foto melalui smartphone yang paling canggih bagi para pengguna yang kreatif. Juga diumumkan bahwa aplikasi ternama Vine, Path dan Flipboard akan segera tersedia untuk Windows Phone.

Menambahkan kemampuan profesional dan ketahanan baterainya, Nokia mengumumkan ketersediaan Nokia Camera Grip. Ini merupakan aksesori yang melengkapi fitur perangkat yang biasanya tersedia untuk kamera, seperti Xenon flash dan shutter mekanik. Nokia Camera Grip juga memiliki tripod, yang diperkirakan akan tersedia pada Juli 2013 dengan kisaran harga USD 79.

Sifat personal dari Windows Phone menjadikannya platform yang sempurna untuk Nokia Lumia 1020, menampilkan gambar hidup (live images) di layar awal dengan foto tile, berbagi dengan cepat ke berbagai jejaring sosial serta akses mudah ke dokumen-dokumen di beberapa perangkat melalui SkyDrive. Dengan tombol kamera khusus, Windows Phone dirancang dari awal untuk fitur pencitraan.

Untuk membantu pengguna melihat berbagai hal menarik disekeliling mereka dan mencari tahu tempat-tempat untuk mendapatkan gambar yang menarik, update terbaru LiveSight akan segera hadir di HERE Maps. Nokia Lumia 1020 juga hadir dengan Nokia Music tanpa iklan dan bebas langganan.

Nokia Lumia 1020 akan hadir pertama kali di Amerika Serikat secara eksklusif dengan AT&T, penjualan diperkirakan pada bulan Juli, dengan kisaran harga USD299 dan dua tahun kontrak. Nokia Lumia 1020 diperkirakan akan tersedia di Cina dan beberapa market utama di Eropa pada kuartal ini. Nokia juga berencana untuk mengirimkan varian ekslusif untuk Telefonica ke beberapa negara di Eropa dan Amerika Latin. Nokia Lumia 1020 akan tersedia dalam warna kuning, putih dan hitam. (Hans)

Nokia Lumia 1020  
Operating system Windows Phone 8
HERE location services Free global HERE Maps and HERE Drive+;Free HERE Transit available in the Store
Display 4.5” AMOLED WXGA (1280×768), 2.5 D sculpted Corning Gorilla Glass 3, PureMotion HD+, ClearBlack, high brightness mode, sunlight readability, super sensitive touch, Nokia Glance Screen
Battery 2000 mAh battery, wireless charging supported via cover
Processor 1.5 GHz dual-core Snapdragon S4
Main camera PureView 41 MP with optical image stabilization, Resolution: 7712 x 5360. Includes Nokia Pro Camera. Xenon flash for still images, LED flash for video
Front facing camera HD 1.2 MP wide angle
Memory 2 GB RAM, 32 GB internal memory; 7 GB free SkyDrive cloud storage

 

Sumber : www.nokia.com