25 March 2014 17:30
Layanan musik streaming Nokia Mix Radio bakal digulirkan secara global. Tempat singgah pertama di Asia tak lain adalah pasar internet terbesar yakni Cina, yang akan tersedia mulai akhir pekan ini. Mix Radio merupakan layanan streaming musik gratis yang menawarkan lebih dari 150 mix atau daftar lagu, hasil susunan oleh tim Nokia. Dilihat dari fungsinya, layanan ini mirip Pandora, Spotify, dan Beats Music.
Alasan utama Nokia menjatuhkan pilihannya ke Cina, karena memandang negara tersebut sebagai pasar global terbesar untuk streaming musik. Lebih dari 80 persen pengguna internet di Cina, sekitar 500 juta pengguna diantaranya mengakses internet melalui perangkat mobile. Artinya, ada peluang yang sangat besar untuk merekrut pengguna. Jumlah ini bahkan lebih besar ketimbang 31 pasar MixRadio lainnya yang sudah lebih dulu tersedia.
Sebagai perbandingan, Pandora telah merengkuh tiga negara, dengan penonton dari 150 juta. Sementara, Apple iRadio baru tersedia di dua negara, dengan mengantongi 20 juta pengguna. Kelemahan sejumlah layanan pesaing MixRadio terletak pada keterbatasan jangkauan. Tidak satupun yang menyediakan layanannya di pasar Cina.
Untuk memastikan koleksi yang terdapat di Nokia Music selalu update, Nokia telah bekerja sama dengan label musik internasional maupun lokal. Label musik internasional ternama yang bekerja sama dengan Nokia Music adalah Sony Music, Warner Music dan Universal Music.
Dalam rangka mendorong layanan streaming musik di Negeri Tirai Bambu itu, Nokia telah menunjuk musisi populer Cina seperti Khalil Fong, DJ Wordy, dan Tia Ray untuk mengisi playlist musik lokal. (Choi)

 

Sumber : http://www.hypebot.com/