Wednesday, August 21, 2019
Home News Nielsen: BBM Rajai 79 Persen Aplikasi Chat di Indonesia

Nielsen: BBM Rajai 79 Persen Aplikasi Chat di Indonesia

-

12 June 2014 14:30
Jakarta – Meski eksistensi BlackBerry terus mendapat tekanan, tapi nyatanya ada sesuatu yang menggembirakan buat vendor asal Kanada tersebut. Lembaga riset Nielsen lewat survei yang bertajuk “Understanding Indonesian Smartphone User” yang dilakukan sepanjang tahun 2013 menyebutkan, bahwa BlackBerry Messenger (BBM) yang kini telah jadi aplikasi lintas platform, di daulat sebagai aplikasi chat yang masih paling banyak digunakan di Indonesia.
Hasil riset Nielsen menyebut BBM menempati porsi 79 persen dalam pemakaian aplikasi chat di Indonesia, tempat kedua adalah WhatsApp dengan 57 persen, kemudian Line 30 persen, WeChat 28 persen, dan KakaoTalk dengan 16 persen. Tempat lebih rendah ada Google Hangout 13 persen, Yahoo Messenger 9 persen, ChatOn 8 persen, dan Facebook Messenger dengan 7 persen.
“Riset yang kami lakukan menggunakan dua metode, yakni lewat on device meter dan survei langsung. On device meter artinya dengan menanamkan aplikasi ke dalam ponsel responden yang menggunakan OS Android, BlackBerry dan Symbian S60,” ujar Rusdy Sumantri, Associate Director Consumer Insight Nielsen kepada SELULAR Online kemarin (11/6). Model survei menggunakan 1.900 responden, sementara model on device meter melibatkan 1.197 responden dengan rentang usia diatas 24 tahun. Riset lewat survei mencakup resonden di kota Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Medan, Makassar, Palembang, dan Balikpapan. (Haryo Adjie)

 

Sumber : www.selular.co.id (11/6/2014)

Latest