24 June 2013 17:30

Sistem operasi besutan Mozilla Firefox OS bisa menjadi alternatif Android. Namun tidak seperti mesin pencari raksasa Google yang mengeluarkan handphone dengan brand sendiri (Google Nexus), Mozilla mengungkap ia tidak akan mengikuti langkah Google.Sebuah perbincangan dengan DigiTimes, SVP of Mobile Devices dan Presiden Operasi Mozilla Asia Li Gong, mengatakan bahwa perusahaan tidak memiliki rencana berkolaborasi dengan ODM untuk membuat dan menjual smartphone merek sendiri untuk Firefox OS. Jika nanti ada smartphone bermerek Mozilla, itu hanya akan menjadi contoh model dalam pengembangan OS, dan bukannya untuk penjualan skala besar.

Sebagai awal, konsumen hanya bisa membeli handset low-end berbasis Firefox OS seperti ZTE Open dan Alcatel OneTouch Fire. Keduanya akan mendarat di pasar negara tertentu dalam beberapa bulan mendatang. Li Gong menegaskan bahwa Huawei, LG, dan Sony juga akan merilis smartphone Firefox, meski belum diketahui kapan.

Sedangkan Samsung dan HTC, tampaknya tidak terlihat tertarik dengan Firefox OS. Samsung memiliki alasan cukup jelas, karena penjualan perangkat Androidnya sangat baik. Dan juga Samsung segera memiliki barisan smartphone berbasis Tizen sebentar lagi. Namun tetap saja, Li Gong mengatakan bahwa, “Mozilla menerima banyak pertanyaan mengenai OS dari vendor-vendor,” setelah Google membeli Motorola.

Akan terlalu dini untuk memprediksi apa yang akan dilakukan Mozilla berkatian dengan Firefox OS. Kita lihat saja nanti. (Nis)

 

Sumber : http://www.digitimes.com (21/6/2013)