Wednesday, July 17, 2019
Home News Langgar Privasi, Aplikasi Boyfriend Tracker Lenyap dari Google Play

Langgar Privasi, Aplikasi Boyfriend Tracker Lenyap dari Google Play

-

27 August 2013 14:30
Bagi Anda yang memiliki seorang pasangan dan selalu ingin mengetahui dimana keberadaannya, aplikasi Boyfriend Tracker sepertinya bisa membantu. Anda bisa melacak beserta update lokasi pasangan setiap kali dia pindah dan menetap.

Sejak diluncurkan dua bulan lalu di Brazil, Boyfriend Tracker begitu populer. Aplikasi bak detektif pribadi ini sudah meraup lebih dari 50.000 pengunduh. Ini karena tingginya tingkat perselingkuhan di Brazil, dan pola pikir masyarakatnya.

“Brazilian adalah orang-orang pencemburu, apa yang bisa aku katakan? Tentu saja, itu menjadi sangat populer,”ujar Marcia Almeida, salah satu pengguna aplikasi. “Ini dinamakan Rastreador de Namorados (bahasa Portugis untuk Boyfriend Tracker).”

Dibalik kegunaan dan ketenarannya, aplikasi Boyfriend Tracker nyatanya menuai protes. Aplikasi ini dikritik banyak orang karena tidak menghargai privasi dan hak asasi. Selain melacak keberadaan, fiturnya pun bisa mengirimkan duplikat pesan yang masuk dari smartphone target. Bahkan, user bisa “menguping” segala percakapan target tanpa diketahui.

Buntutnya, aplikasi ini telah dihapus dari Google Play. Tidak hanya bermasalah langgar privasi, Boyfriend Tracker disinyalir bisa berujung sebagai alat pengintai atau bahkan pemerasan. Apalagi, penduduk Brazil masih trauma dan murka ketika mengetahui negaranya merupakan salah satu “top target” operasi mata-mata luar negeri oleh Badan Keamanan Nasional AS (NSA),  di mana data dari panggilan dan email berada dalam pengawasan program rahasia Washington.

Meski sudah dihapus dari Google Play, tapi Anda masih bisa mendapatkan aplikasi Pelacak Pacar ini dengan mengunduh langsung di situs resmi perusahaan. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.ubergizmo.com

Latest