Wednesday, July 24, 2019
Home News Samsung Mulai Rakit Massal RAM 3GB Untuk Smartphone

Samsung Mulai Rakit Massal RAM 3GB Untuk Smartphone

-

26 July 2013 13:30
Hingga kini, smartphone berkualifikasi fitur tinggi alias super phone baru sebatas dibekali RAM (random access memory) berkapasitas maksimum 2GB. Itu pun sudah menjadikan kinerja smartphone sangat mumpuni. Tapi Samsung sebagai salah satu vendor memori ternama nyatanya tidak tinggal diam. Samsung baru-baru ini mengumumkan bahwa modul LPDDR3 3GB yang ditujukan untuk penggunaan di smartphone, sudah masuk tahap produksi massal.

Samsung dikenal sebagai pemimpin pasar dalam industri DRAM selama bertahun-tahun dan sanggup beradaptasi dengan baik untuk memproduksi chip DRAM yang ditujukan untuk perangkat mobile. Raksasa elektronik Korea ini mengumumkan bahwa mereka telah menempatkan chip LPDDR3 3GB ke dalam produksi massal, selangkah lebih dulu daripada saingannya Hynix dan Elpida.

Samsung mengatakan bahwa modul LPDDR3 3GB bisa digunakan untuk fabbed simpul class process 20nm yang terdiri dari dua set tiga chip yang ditumpuk dalam satu paket. Ukuran paket memory ini hanya berdimensi tinggi 0.8mm. Hal ini menjadi penting karena Samsung akan menjajakan modul ini untuk pembuat smartphone, yang umumnya menginginkan chip tipis, agar bisa menghemat ruang untuk menjejalkan komponen lainnya.

Samsung mengklaim chip menawarkan bandwidth maksimum 2.1Gbps dan disebut-sebut untuk penggunaan ponsel high-end. Perusahaan mengatakan bahwa pertumbuhan pesat dalam video berkualitas tinggi dan jaringan LTE bandwidth tinggi mendorong kebutuhan RAM lebih besar pada smartphone.

EVP penjualan dan pemasaran memori Samsung Young-Hyun Jun mengatakan, “Tiga gigabyte DRAM mobile akan diadopsi ke smartphone high-end paling up-to-date dimulai pada semester kedua tahun ini. Penerapan awal akan diperluas untuk sebagian besar smartphone high-end di seluruh dunia tahun depan.”

“Kami akan mengembangkan solusi LPDDR3 3GB baru berdasarkan empat chip DRAM LPDDR3 6GB dengan menyusun dua chip simetris di setiap sisi, yang akan meningkatkan kinerja smartphone ke tingkat berikutnya hingga akhir tahun.”

Modul Samsung LPDDR3 3GB ini terlambat untuk disematkan ke handset flagship perusahaan Samsung Galaxy S4. Jadi jangan terkejut bila nanti kita akan menemukan Galaxy Note 3 dengan RAM 3GB. Mengingat Samsung hampir pasti tidak akan menempatkan chip ARM 64-bit ke Galaxy Note, maka RAM 3GB tentu menjadi pilihan alamiah untuk prosesor 32-bit yang hanya butuh ruang chip DRAM tunggal. (Nis)

 

Sumber : http://www.theinquirer.net/ (24/7/2013)

Latest