20 June 2014 11:00
Bandung – Menjelang Ramadhan, penyedia jasa telekomunikasi dalam negeri berlomba menyiapkan infrastruktur agar menunjang aktivitas tahunan yang kerap dilakukan masyarakat kota, mudik lebaran. Tidak terkecuali operator CDMA nasional Smartfren, juga menyelenggarakan drive test selama dua hari yang ditemani sejumlah media. Uji jaringan kali ini mengambil jalur dari kantor pusat Smartfren yang berlokasi di Jakarta Pusat sampai Cisarua Bandung dengan menggunakan transportasi darat berupa kendaraan roda empat.

Pemantauan sinyal Smartfren dilakukan menggunakan program drive test tools internal yang kerap digunakan oleh tim optimalisasi jaringan sehari-hari. Kalau tim Smartfren dipersenjatai modem berteknologi EVDO Rev B yang ditancapkan ke laptop, awak media dilengkapi aplikasi RF Signal Tracking terinstal ke Andromax i3s yang mendukung jaringan EVDO Rev A. Perjalanan ke Kota Kembang ditempuh melalui jalur tol Cipularang pada siang hari dari pukul 11.00 -14.00 wib.

Selama perjalanan, pengujian sinyal CDMA 1X, EVDO Rev A, dan Rev B menunjukkan hasil baik dengan indikator sinyal di program maupun di aplikasi rata-rata 70-100 dbm. “Satu-satunya momen terjadi blind spot di tol KM66 yang dikarenakan interverensi,” jelas VP Network Smartfren, Munir SP.

Bagi pelanggan, hasil uji jaringan Smartfren ini bisa dinikmati dengan indikator sinyal di ponsel antara 3-4 bar, yang artinya cukup bagus.

Di Bandung sendiri, Smartfren sudah memiliki BTS berjumlah 700-an dari 5900 BTS yang tersebar di sepanjang nusantara (Q1 2014). Pada akhir tahun mendatang, Smartfren menargetkan penambahan BTS menjadi 6000-6500 BTS on air. (Khoirunnisa)

1716
Sumber : http://www.selular.co.id/