29 January 2014 13:00
Tiga bulan setelah Zoom Jepang meluncurkan kondensor mikrofon iQ5 untuk iPhone, iPad, dan iPod touch, perwakilan Amerika Utara akhirnya mengumumkan ketersediaan iQ5 di Amerika Serikat pada perhelatan NAMM (national association of music merchants) 2014 silam. Perangkat kompak itu memanfaatkan mekanisme rotasi unik agar bisa merekam stereo samping kiri-kanan dengan kualitas CD, bahkan pada saat perangkat iOS menangkap gambar bergerak dalam modus lansekap.
Diklaim Zoom Amerika Utara sebagai kondensor mikrofon tengah-sisi pertama di dunia untuk perangkat iOS, iQ5 berisi dua elemen mikrofon. Satu mikrofon tengah yang bisa diarahkan untuk menangkap audio yang keluar dari arah depan, dan satu mikrofon sisi dua-arah, yang akan mengambil suara dari kiri dan kanan. Lebar stereo bisa diatur sebesar 90° atau 120°. Pengguna juga bisa memilih file rekam sebagai data RAW untuk kemudian disesuaikan dan diolah melalui aplikasi pendamping gratis Handy Recorder.
Audio dapat direkam dalam format Linear PCM WAV dengan resolusi audio 44,1 kHz/16-bit, atau format kompresi AAC bagi yang lebih mementingkan ruang penyimpanan daripada kualitas rekaman. Zoom mengatakan bahwa iQ5 bisa digunakan pada hampir semua aplikasi asli iOS yang mendukung input audio dari mikrofon eksternal. Anda juga bisa menggunakan aplikasi perusahaan untuk fungsi tambahan seperti kontrol nada enam-pita EQ, beberapa efek gema, fitur normalisasi dan kemampuan untuk memecah file rekaman ke dalam komponen terpisah (dan menghapus elemen yang tidak perlu).
Preset setelan Auto Gain bisa dipilih melalui aplikasi pendamping dengan kualitas input audio sampai 40 dB yang tersedia melalui alat di bagian samping. Juga tersedia pembatas rekam Limiter guna membantu Anda menghindari input berlebihan. Berdimensi total 58,6×62,4×38,5mm dengan bobot 30,5gram, komponen iQ5 meliputi output jack stereo mini untuk pemantauan audio melalui headphone, dan konektor mini-USB agar perangkat iOS bisa di-charge karena port charging-nya digunakan untuk pemasangan mikrofon.
selular13324104220140128165715
Zoom iQ5 segera dijajakan dengan harga sekitar seratus dolar (sekitar Rp1,2 juta). Untuk mengetahui sosok iQ5, silahkan lihat video promo Zoom di bawah ini. (Nis)
https://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=sUDshiPvzW8
Sumber : http://www.gizmag.com/ (27/1/2014)