10 July 2013 16:00
Apple iPhone 5S diprediksi muncul pada September mendatang. Mendekati peluncurannya, semakin banyak rumor beredar akan kemungkinan fitur spesial yang dimiliki varian tersebut. iPhone berikutnya ini ditaksir akan menjalankan iOS7, yang rencananya mulai bergulir bulan depan. Bocoran dari iOS 7 beta mengisyaratkan kalau iPhone 5S bisa memiliki fitur eksklusif local voice dictation (perintah suara lokal).

Kode yang ditemukan pada iOS 7 itu mengacu pada input Dictation versi lokal untuk perangkat yang menggunakan OS mobile. Sebuah metode input suara yang akan mempersingkat proses biasa. Saat ini jika pemilik perangkat iOS menggunakan perintah dan input teks menggunakan suara mereka, software akan mengubah pidato ke teks melalui cloud (awan). Tentu saja ini membutuhkan koneksi internet yang dapat memperlambat waktu pemuatan dan kemungkinan terjadi error, serta menyia-nyiakan penggunaan data.

Namun, pengujian mengungkap bahwa dalam iOS 7, suara bisa dikonversi menjadi teks menggunakan proses langsung dalam perangkat, tanpa perlu koneksi internet. Hal ini jelas akan menyederhanakan proses dan memungkinkan pesan teks, email, dan pencarian web menggunakan suara, jauh lebih cepat. Saat ini publik belum bisa mengaktifkan fungsi ini, karena sistem ini baru digunakan untuk perangkat Apple internal. Pengguna perangkat Android sudah bisa menikmati manfaat perintah suara secara offline, sehingga langkah ke arah ini untuk perangkat iOS tentu masuk akal.

Sebuah laporan pada situs 9to5 Mac menunjukkan Apple mungkin akan melabuhkan fungsi dari Dictation ke Siri. Situs juga menyiratkan bahwa local voice dictation ini bisa menjadi fitur unik pada iPhone 5S kelak. Konsumen berharap Apple akan meningkatkan daya baterai dan menyematkan prosesor yang lebih baik mengingat perintah suara lokal akan menguras banyak energi.

Tapi bisa jadi perintah suara lokal tidak akan terkandung dalam rilis iOS 7 mendatang, jadi belum tentu tersedia ke perangkat iOS. Untuk itu, sebaiknya kita tunggu saja pengumuman resminya. (Nis)

 

Sumber : http://www.phonesreview.co.uk (8/7/2013)