Tuesday, July 16, 2019
Home News Google Chromecast, Dongle TV Murah Untuk Streaming Media dari Gadget

Google Chromecast, Dongle TV Murah Untuk Streaming Media dari Gadget

-

1 August 2013 09:30
Saat event “Breakfast with Sundar Pichai”, Google mengumumkan sebuah layanan baru untuk merambah industri televisi, bernama Chromecast. Layanan ini berbentuk dongle namun dengan biaya terjangkau.

Dongle ini terkoneksi melalui saluran HDMI dan menggunakan internet nirkabel rumah untuk menghubungkan perangkat. Pengguna bisa streaming media dari smartphone, tablet dan, komputer PC.

Dongle TV versi murah itu sendiri dikembangkan menggunakan Google Chrome OS versi sederhana. Ini akan bekerja dengan aplikasi yang memiliki tombol khusus “Cast”. Cukup hanya menekan tombol tersebut maka pengguna bisa menampilkan konten dari perangkat ke layar TV. Mungkin terdengar seperti layanan milik Apple, namun bedanya Apple TV menggunakan sistem komputasi cloud untuk media streaming, bukan dari perangkat mobile itu sendiri.

Sebagai pelengkap dongle, Google pun turut merilis aplikasi resmi untuk Android Chromecast. Tentunya, aplikasi ini sangat dibutuhkan saat mengoperasikan Chromecast pertama kali. Aplikasi digunakan untuk konfigurasi semua dongle Chromecast yang pengguna miliki. Pengguna dapat mengelola pengaturan dongle seperti mengubah nama atau memasukkan password baru untuk WiFi. App Chromecast telah tersedia di Google Play Store.

Chromecast segera diluncurkan di Amerika Serikat. Alat ini dibanderol dengan harga US$35 (setara Rp350.000). Namun, untuk peluncuran secara global belum dipastikan. (Choiru Rizkia)

 

Sumber : www.ubergizmo.com

Latest