18 June 2014 13:00
Sudah sejak lama Foxconn terlibat dalam pembuatan beragam perangkat Apple. Meski sudah rekanan dekat dengan Apple, namun bukan berarti Foxconn bekerja secara tunggal. Manufaktur perakitan elektronik dunia itu mengaku sedang dalam tahap perundingan dengan pihak Sharp selaku pembuat display kenamaan asal Jepang, supaya mampu mengamankan pasokan pesanan display untuk iPhone dan iPad.

Saat ini, Sharp merupakan salah satu dari beberapa perusahaan yang telah ikutan berkecimpung memproduksi display untuk produk Apple. Perusahaan mitra lainnya termasuk LG Display dan Jepang Display.

Tujuan Foxconn melirik teknologi yang dimiliki Sharp adalah demi mengurangi ketergantungan Apple pada musuh sekaligus rekanan, Samsung, sebagai penyedia layar utama. Dilansir United Daily News (13/6/2014), kolaborasi ini juga diharap bisa mengurangi lead time untuk penyertaan teknologi baru ke dalam produk Apple.

Foxconn dan Sharp telah bekerjasama di masa lalu. Tahun 2012 lalu, Keduanya sudah menyiarkan kemitraan mereka untuk memajukan teknologi LCD. Sebagai buah kesepakatan, mereka akan membuka pabrik display di Chengdu, Cina. Saat itu, Foxconn berusaha mengamankan pangsa pasar 10% di Sharp, namun rencana tersebut tidak pernah berhasil.

Khusus untuk iPhone 6, Apple mempercayakan produksi layar 4,7 inchi kepada tiga perusahaan, yaitu Japan Display, LG, dan Innolux. Samsung sendiri ditugasi hanya memasok layar Apple iPad di Q1 2014. Mulai Oktober tahun lalu, perusahaan yang bermarkas di Cupertino tersebut telah beralih ke Samsung untuk memproduksi layar iPad Mini Retina setelah tidak puas atas hasil bikinan Sharp dan LG. (Choi)

 

Sumber : http://udn.com/