spot_img
BerandaReview Smartphone & Gadget TerlengkapLG G3: The Power of Simplicity

LG G3: The Power of Simplicity

-

LG G3 - Multi Colors
LG G3

Setiap brand besar pasti memiliki satu produk yang paling diunggulkan. Bagi LG, seri G adalah lini smartphone premiumnya yang kini sudah memasuki generasi ketiga. Respon konsumen terlihat cukup bagus atas hadirnya LG G3 ini. Didukung oleh spesifikasi paling tinggi, namun dibanderol dengan harga miring dibanding kompetitor.

DESAIN
Konsep desain Floating Arc LG G3 hadir dalam wujud lengkungan ergonomis yang memberikan genggaman sangat nyaman penggunaan satu tangan. Berpadu dengan konsep Rear Key yang meletakkan seluruh tombol di bagian belakang. Pengubahan bentuk dan peletakan tombol ini disesuaikan untuk memberinya keseimbangan bagi keseluruhan desain LG G3. Sementara polesan metalik pada bagian tubuh belakangnya membuat LG G3 tampak bersih dan bebas dari sidik jari yang mungkin tertinggal sepanjang pemakaian.

Pengujian: mengamati desain dan konstruksi bodi ponsel Nilai: 3,9 Catatan: Meski bukan ponsel unibody, konstruksi desain dan finishingnya terlihat mewah dan elegan. LG G3 memiliki empat pilihan warna: Metallic Black, Silk White, Shine Gold dan Burgundy Red.

LAYAR

LG rupanya masih belum puas dengan resolusi Full HD. Maka, perusahaan inipun mengembangkan layar resolusi Quad HD (empat kali HD) yang dianggap sebagai hasil dari inovasi layar selama bertahun-tahun. Dengan kepadatan pixel 538ppi, layar Quad HD dari LG G3 menetapkan standar baru dengan menghasilkan gambar lebih tajam. Terapan bentang layar 5,5 inci dengan bingkai tipis membuatnya menawarkan rasio layar 76,4 persen yang membuatnya tetap terasa nyaman dalam genggaman seperti smartphone dengan ukuran layar lebih kecil. Melengkapi desainnya, LG mengadopsi grafis minimalis pada lapisan antar mukanya. Motif melingkar pada grafis dalam user interface baru diterapkan yang mengambil inspirasi dari konsep logo LG yang mencerminkan keunikan visual dalam gaya dan identitasnya.

 

Pengujian: mengamati kualitas layar, touchscreen dan antarmuka Nilai: 4,4 Catatan: dilihat secara kasat mata, perbedaan antara layar Full HD dengan density di atas 400 ppi dengan Quad HD milik LG G3 tidak terlalu mencolok.

 

KAMERA

Pada sektor fotografi, kamera 13MP dilengkapi Optical Image Stabilizer (OIS+). Penangkapan gambar yang cepat ini dimungkinkan dengan adanya Laser Auto Focus yang  membuat kamera dapat menangkap cepat fokus gambar, meskipun dalam tingkat pencahayaan rendah dengan mengukur jarak antara subjek dan kamera melalui dukungan laser. Kamera depannya yang bersensor 2.1MP diberikan beberapa perangkat tambahan baru seperti sensor gambar dan bukaan cahaya (aperture) yang lebih besar. Hasilnya, LG G3 mampu untuk memberikan foto selfie lebih baik.

 

Pengujian: memotret dan mencoba beberapa fitur kamera Nilai: 3,9 Catatan: LG mengklaim kecepatan fokus nya hanya 0.276 detik, lebih cepat dari kedipan mata manusia yang selama 0.3 detik. Dipadu dengan teknologi OIS+, membuat kamera LG G3 semakin handal dalam menghasilkan gambar yang tajam dengan distorsi minimal.

 

INTERNET

Kemampuan koneksi LG G3 sangat memadai, GPRS/EDGE ada di kelas 12, sementara jalur 3G mobile broadband ada di level HSDPA 42Mbps dan HSUPA 21Mbps. Sementara untuk WiFi menggunakan standar paling lengkap, yakni a/b/g/n/ac dengan frekuensi dual band. Kemampuan WiFi dapat menjalankan peran sebagai WiFi hotspot, WiFi direct, dan DLNA.  Untuk jelajah web, ada dua browser yang disertakan sekaligus yaitu browser native Android dan Google Chrome. Kedua peramban ini dikenal handal untuk mengakses internet. Namun Chrome lebih familiar karena browser ini juga hadir di lingkungan komputer desktop.

 

Pengujian: mencoba akses internet dengan browser Nilai : 3,9 Catatan: Layanan nirkabel berbasis Wi-Fi diperkaya dengan fitur Wi-Fi Direct, DLNA dan Wi-Fi hotspot serta Miracast untuk screen mirroring dengan perangkat TV.

 

QUICK MEMO+

Ada kalanya kita ingin mencatat sesuatu di ponsel dengan cepat. Namun kelamaan jika harus membuka aplikasi Office. LG menyediakan aplikasi Quick Memo + yang memberikan cara lebih cepat untuk mengetik catatan. Jika di komputer Windows, aplikasi ini lebih mirip Notepad, namun dengan fitur yang lebih kaya. Karena tidak hanya sekadar menerima input dari keyboard, tetapi juga tulisan tangan dalam bentuk coretan dan foto dari kamera, galeri, video, audio, hingga lokasi peta. Quick Memo + bisa diakses meski pengguna sedang menerima panggilan telepon, sehingga lebih fungsional bisa langsung mencatat sembari melakukan aktivitas lain.

 

Pengujian: menjalankan aplikasi Quick Memo+ Nilai: 3,2 Catatan: sayangnya, tidak ditemukan fitur untuk sinkronisasi data dengan cloud.

 

 

MULTIMEDIA

Fitur multimedia yang dibawa di ponsel terbilang cukup lengkap. Ada pemutar musik, video, dan streaming YouTube. Kualitas audio disokong dengan teknologi HiFi untuk menghasilkan suara sekelas profesional. Sedangkan konten video didukung kualitas grafis yang istimewa. Terdapat Live Zooming yang memungkinkan pengguna memperbesar dan memperkecil gambar (zoom in dan zoom out) pada berkas video yang sedang dimainkan.

 

Pengujian: menjalankan aplikasi multimedia Nilai: 3,5 Catatan: LG G3 memiliki port Infrared yang bisa dimanfaatkan sebagai remote control melalui aplikasi Quick Remote.

 

OFFICE

Bagi pengguna yang ingin akses dokumen perkantoran, disediakan aplikasi ThinkFree Vieweryang bisa membuka file Word, Excel, Power Point dan PDF. Sayangnya, aplikasi ini hanya sebatas viewer tanpa kemampuan untuk editing dan membuat dokumen. Entah kenapa LG justru memasukkan aplikasi ini yang sama sekali tidak memberi nilai lebih bagi pengguna.

 

Pengujian: menjalankan aplikasi ThinkFree Viewer Nilai: 2,9 Catatan: sebagai alternatif, pengguna bisa download aplikasi Office full version seperti QuickOffice, Kingsoft Office atauapun Polaris Office yang gratis di Play Store.

 

LAYANAN GOOGLE

Super phone ini menggunakan basis platform Android 4.4.2 KitKat. Tentu saja, aneka layanan unggulan dari Google disematkan di sini. Salah satunya adalah Google Now, fitur inovatif yang merupakan pengembangan dari Google Search ini bisa memberikan rekomendasi berbagai hal, seperti kondisi lalu lintas yang biasa dilalui sebelum berangkat menuju ke tempat aktivitas, cuaca, kurs mata uang, dan sebagainya, secara langsung tanpa kita perlu mencarinya lagi. Selain itu, tak kalah penting adalah Play Store yang menyediakan lebih dari ratusan ribu aplikasi dan game.

 

Pengujian: menjalankan Google Now dan Play Store Nilai: 3,5 Catatan: LG juga menyediakan toko aplikasi alternatif LG Smart World namun kontennya tidak selengkap Play Store.

 

 

KINERJA

 

Di balik tampilan antarmukanya, LG G3 menjalankan sistem operasi Android 4.4.2 Kitkat. Adapun jeroan yang digunakan mencakup prosesor quad-core Snapdragon 801 2,5 GHz, RAM 2GB, serta media penyimpanan internal 16GB. Spesifikasi tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan versi LG G3 yang dipasarkan di Korea Selatan yakni memakai RAM 3GB dan memori internal 32GB. Pihak LG berdalih sengaja memilih spesifikasi yang dinilai cocok dengan pasaran Indonesia yakni untuk mendapatkan harga yang terbaik agar lebih kompetitif. Di samping itu, RAM 3GB dianggap belum terlalu dibutuhkan. Memang, saat dicoba menjalankan berbagai aplikasi secara bersamaan, kinerja terasa mulus tanpa ada kendala.

Kinerja Baterai

Sementara itu pada baterai berkekuatan 3.000 mAh yang dapat dilepas pasang (removable). Tak hanya kapasitas besar, LG mengganti logam pada katode baterai dengan grafit yang diklaim bisa memperpanjang usia baterai.

spot_img
spot_img

Artikel Terbaru