Jumat, 1 Agustus 2025
Selular.ID -

IPad Jadi Tablet Terlaris Q2-2023

BACA JUGA

Selular.ID – Menurut Canalys, pasar tablet masih merosot pasca-pandemi selama kuartal kedua tahun 2023 karena jumlah tablet yang dikirim ke seluruh dunia dari April hingga Juni turun 10,6% dari tahun ke tahun.

Selama pandemi, orang tua membeli tablet agar anak mereka bisa mengikuti kelas jarak jauh dari rumah. Mereka yang bekerja dari rumah juga membeli tablet sebagai pengganti komputer yang lebih mahal.

Di penghujung hari, baik siswa maupun orang tua mereka dapat menggunakan tablet mereka untuk bermain game dan menonton konten streaming.

Penurunan pengiriman selama kuartal kedua menghasilkan pengiriman 31 juta tablet. Angka ini turun secara berurutan dari kuartal pertama dan juga merupakan jumlah tablet terendah yang dikirimkan dalam satu kuartal sejak pembukaan tiga bulan tahun 2020.

Selama Q1 tahun ini, pengiriman tablet global turun 13%. Mereka yang melihat gelas setengah penuh mungkin mencatat bahwa penurunan pengiriman untuk kuartal kedua sedikit lebih baik dari yang sebelumnya.

Apple melawan tren selama kuartal kedua karena pengiriman iPad naik dari 12,10 juta unit selama kuartal kedua 2022 menjadi 12,35 juta tahun ini.

Sementara peningkatan pengiriman iPad dari tahun ke tahun hanya 2% untuk kuartal tersebut, Apple adalah satu-satunya pabrikan di lima besar yang menunjukkan kenaikan tahunan.

Pangsa pasar iPad naik menjadi 39,8% dari 34,9% tahun lalu karena pencipta kategori tetap menjadi pemimpinnya.

Baca Juga: X, Sebelumnya Twitter, Siapkan Fitur Video Call

Samsung berada jauh di urutan kedua setelah mengirimkan 6,01 juta tablet secara global selama Q2. Ini mewakili penurunan 13,6% dari 6,95 juta slate yang dikirimkan selama kuartal yang sama tahun lalu.

Pangsa pasar perusahaan menurun dari 20% menjadi 18,8%. Meskipun terjadi penurunan pengiriman tahun-ke-tahun sebesar 33,4%, Amazon masih berhasil menempati posisi ketiga dengan mengirimkan 2,21 juta tablet pada kuartal tersebut.

Pangsa pasar perusahaan turun menjadi 6,9% dari 9,5% selama Q2 tahun 2022.

Lenovo berada di urutan keempat setelah mengirimkan 2,14 juta tablet ke seluruh dunia dari April hingga Juni. Itu memberi perusahaan potongan 6,7% dari kue tablet global turun dari 10,1% saham yang dimiliki perusahaan selama kuartal kedua tahun lalu.

Secara tahunan, pengiriman perusahaan turun 39,1%. Dan itu membuat Huawei menutup lima pengirim tablet teratas di seluruh dunia. Selama Q2, perusahaan memiliki penampilan terbaik kedua setelah Apple dengan pengirimannya turun hanya 2,8% menjadi 1,66 juta tablet.

Huawei benar-benar melihat pangsa pasarnya di pasar tablet global meningkat selama kuartal tersebut dari 4,9% tahun lalu menjadi 5,2% tahun ini.

Himani Mukka, Manajer Riset di Canalys, mengatakan, “Meskipun permintaan tablet telah turun dari puncak pandemi, permintaan itu tetap relatif tangguh. Dengan pasar PC dan smartphone yang juga terancam, vendor yang menjual tablet memiliki alat tambahan untuk membantu menyasar kantong peluang di sektor konsumen, komersial, dan pendidikan. Pasar akan menerima dorongan dari permintaan musiman yang lebih kuat di paruh kedua tahun ini, dengan vendor terus meluncurkan produk baru, menerapkan strategi masuk ke pasar yang agresif, dan mendorong aktivitas promosi.”

Baca Juga: Canalys: Top 5 Vendor Smartphone Dunia Q1-2023, Pasar Turun 12%

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU