Jumat, 15 Agustus 2025
Selular.ID -

Dengan Fitur Baru, Penggunaan Line Splitbill Meningkat

BACA JUGA

Selular.ID – Penambahan beberapa fitur baru seperti Payment Info, Reminder, dan History, disebut-sebut mampu meningkatkan penggunaan layanan Line Splitbill.

Pasalnya Line Splitbill, layanan dari Line Indonesia mengumumkan sejumlah pencapaiannya selama tahun 2022.

Pertama kali dirilis pada Oktober 2019 hingga akhir tahun lalu, layanan untuk menghitung dan berbagi tagihan secara otomatis dengan memanfaatkan teknologi OCR (Optical Character Recognition),sudah memindai lebih dari 5 juta bon.

Meningkat sebanyak 2 juta bon jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2021 lalu. Data yang digunakan merupakan data internal Line Splitbill.

Nico Dharmaputra, Strategy Lead LINE Indonesia menuturkan, dalam satu bulan, Line Splitbill rata-rata memindai 450,000 bon dengan item menu mencapai 6 juta item.

Sementara itu, total pembelian dari seluruh bon yang dipindai oleh Line Splitbill mencapai Rp 81 miliar per bulan.

“Data tersebut merupakan data dari Line Splitbill yang terlindungi dan aman serta tidak kami bagikan ke pihak lain yang dapat menggunakan data ini secara tidak bertanggung jawab. Kami melihat jika peningkatan penggunaan layanan Line Splitbill tahun lalu didukung oleh penambahan beberapa fitur baru sehingga kenyamanan pengguna dalam memanfaatkan layanan ini meningkat,” jelas Nico.

Baca Juga:Layanan Aplikasi Line Mengalami Peningkatan Pengguna

Line Splitbill juga mencatatkan fakta lain yang menarik seperti 40% pengguna Line Splitbill yang gemar berbagi tagihan berisi menu ayam, disusul oleh menu mie sebesar 25% dan 8,7% berisi menu seafood.

Berkaitan dengan ini, jenis makanan yang paling banyak dipindai oleh Line Splitbill adalah makanan oriental yang menduduki peringkat pertama sebesar 70%, lalu makanan barat sebesar 18% dan makanan lokal sebanyak 11%.

Sementara itu, jenis minuman yang paling sering di-Splitbill-kan oleh pengguna adalah teh khas Jepang, ocha, sebesar 51%, kemudian disusul oleh kopi sebesar 30%, dan air mineral sebesar 19%. Secara tidak langsung, fakta-fakta ini juga menunjukkan kebiasaan masyarakat Indonesia saat memesan makanan.

Ega Chaernawan Febianto, Product Manager, LINE Indonesia.menuturkan dari kebiasaan-kebiasaan inilah Line menarik kesimpulan mana fitur-fitur di dalam layanan yang harus tingkatkan.

Penggunaan Line Splitbill secara individu juga menampilkan angka yang menarik. Rata-rata seorang pengguna dalam menggunakan layanan ini adalah sebanyal 14 kali dalam satu bulan dengan rata-rata pengeluaran sebesar Rp200,000 per orang.

Dengan demikian, seorang pengguna Line Splitbill hampir menghabiskan setengah bulan untuk makan bersama dengan lingkaran pertemanan mereka.

Terkait dengan lingkaran pertemanan pengguna Line Splitbill, fakta lain menunjukkan jika seorang pengguna memiliki lingkaran pertemanan rata-rata berjumlah empat orang.

Baca Juga:Berikut Cara Bayar Pajak Secara Online

Adapun seorang pengguna melampaui pengguna lain dalam hal ini, ia memiliki bill member terbanyak yakni mencapai 494 orang bill members.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU