Kamis, 18 Juli 2024
Selular.ID -

Salip Apple, Samsung Pimpin Pasar Smartphone Global untuk Q1 2024

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID – Menurut Counterpoint Research, Samsung adalah produsen smartphone terkemuka secara global pada kuartal pertama tahun 2024 yang mengirimkan satu dari setiap lima ponsel yang dikirimkan selama tiga bulan pertama tahun ini.

Pengiriman Samsung naik 6% secara tahunan namun turun 8% dibandingkan Q4 tahun lalu.

Pangsa 20% tersebut mengalahkan 17% pangsa pasar ponsel pintar yang dimiliki Apple.

Berita tersebut tidak semuanya buruk bagi Apple. Meskipun pengiriman Apple menurun 13% dari tahun ke tahun selama kuartal pertama, Harga Jual Rata-Rata (ASP) iPhone mencapai rekor untuk kuartal pertama mana pun berkat permintaan yang kuat untuk model iPhone 15 Pro.

Pabrikan yang menempati posisi ketiga, hanya tiga poin persentase di belakang Apple, adalah Xiaomi dan di antara enam besar, perusahaan tersebut memiliki pertumbuhan terkuat dari tahun ke tahun untuk Q1 2024 sebesar 34%.

Secara keseluruhan, Xiaomi bertanggung jawab atas 14% ponsel pintar yang dikirimkan ke seluruh dunia dari bulan Januari hingga Maret.

Produsen keempat, kelima, dan keenam yang tercantum dalam laporan tersebut adalah Oppo (pangsa pasar 8%), Vivo (7%), dan Honor (6%).

Secara keseluruhan, jumlah unit ponsel cerdas yang dikirimkan secara global pada Q1 2024 adalah 296,9 juta menurut Counterpoint, 6% lebih tinggi dibandingkan jumlah yang dikirimkan pada kuartal pertama tahun 2023.

Pendapatan yang dikaitkan dengan penjualan ponsel cerdas mencapai rekor baru pada kuartal pertama setelah meningkat 7% dari tahun ke tahun. selama setahun.

Baca Juga: Top 5 Vendor Smartphone di Asia Tenggara: Pasar Tumbuh 12% pada Q1 2024

Seperti yang kami sampaikan pada Anda di awal bulan ini, di Amerika Utara, iPhone terus mendominasi karena 52% ponsel cerdas yang dikirimkan di benua ini dari bulan Januari hingga Maret adalah iPhone.

Samsung berada di urutan berikutnya dengan pangsa 31% yang berarti bahwa di Amerika Utara, gabungan Apple dan Samsung menguasai 83% pengiriman ponsel cerdas di pasar tersebut.

Di Eropa, Samsung memimpin pangsa pasar Apple selama Q1 dengan margin 32% hingga 25%.

Di Amerika Latin, pangsa pasar Samsung sebesar 31% mengungguli perusahaan kedua dengan selisih 10 poin persentase.

Posisi kedua ditempati Motorola (21%) sementara Apple berada di peringkat keempat dengan Xiaomi dengan 6% pangsa pasar.

Baca Juga: Top 5 Tablet: Pasar Tumbuh Minor di 2024, Samsung Pepet Apple

Di Timur Tengah dan Afrika (MEA), Samsung menguasai 22% pangsa pengiriman ponsel pintar pada Q1, diikuti oleh Tecno dengan pangsa pasar 16%.

Apple berada di urutan keenam setelah hanya menyumbang 5% dari pengiriman ponsel pintar pada kuartal pertama di wilayah tersebut.

Di Asia, baik Samsung maupun Apple bukanlah merek terkemuka. Dalam persaingan yang ketat, Xiaomi mengambil posisi teratas selama Q1 dengan pangsa pasar 15% diikuti oleh tiga produsen sebesar 14% (Vivo, Oppo, dan Apple).

Pangsa Samsung sebesar 12% berada di posisi kelima, sedangkan pangsa Honor sebesar 8% menempatkannya di posisi keenam.

Baca Juga: Top 5 Vendor Smartphone di Indonesia, Perangkat 5G Capai 29% Market Share

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU