Kamis, 18 Juli 2024
Selular.ID -

Pangsa Pasar Smartphone Lipat: Huawei Semakin Perkasa

BACA JUGA

Selular.ID – Laporan terbaru, brand asal Tiongkok, Huawei kini unggul sebagai brand smartphone lipat menggeser Samsung yang sudah lama menjadi raja di segmen ini.

Huawei telah melampaui Samsung untuk menjadi merek smartphone lipat terkemuka di dunia pada kuartal pertama tahun 2024.

Ini adalah pertama kalinya raksasa teknologi asal Tiongkok ini mengklaim posisi teratas di segmen yang berkembang pesat ini, meskipun menghadapi sanksi berkelanjutan dari AS.

Menurut firma riset Counterpoint, pengiriman ponsel pintar lipat Huawei melonjak sebesar 257% dibandingkan tahun lalu dalam tiga bulan pertama tahun ini.

Lonjakan tersebut sangat kontras dengan kinerja Samsung, dimana pangsa pasar perusahaan asal Korea Selatan tersebut turun dari 58% pada Q1 2023 menjadi hanya 23% pada Q1 2024. Saat itulah total pengiriman smartphone lipat global tumbuh sebesar 49%.

Pendorong utama kesuksesan Huawei di pasar perangkat lipat adalah fokusnya pada model 5G. Pada kuartal Maret, 84% dari pengiriman ponsel lipat Huawei sudah mendukung 5G, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yang tidak ada sama sekali.

Counterpoint mengatakan model lipat populer perusahaan adalah Mate X5 dan Pocket 2 (tipe clamshell).

Sebagian besar penjualan Huawei berasal dari Tiongkok, meskipun perangkat lipatnya tersedia di wilayah seperti Timur Tengah.

Di sisi lain, Samsung lambat dalam berinovasi pada jajaran ponsel lipatnya, yang mungkin menjelaskan penurunan pasarnya.

Selain itu, pada kuartal pertama tahun 2024 ini, di global perangkat lipat “tipe buku” atau seperti fold menyumbang 55% dari pengiriman global, melampaui perangkat lipat tipe flip untuk pertama kalinya sejak tahun 2021.

Terkhusus Samsung saat ini sedang mempersiapkan peluncuran Galaxy Z Fold 6 dan Flip 6. Akan menarik untuk melihat apakah perusahaan berhasil bangkit kembali dan mendapatkan kembali posisinya yang hilang.

Baca juga : Terungkap Chip Canggih yang Dibenamkan Huawei Pada Varian Terbaru Pura 70

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU