Minggu, 16 Juni 2024

Olimpiade Paris 2024 Jadi Ajang Operator Pamer Koneksi 5G

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Teknologi 5G akan menjadi standar dalam penyelenggaran Olimpiade 2024 Paris yang akan dihelat tidak lama lagi.

Orange yang merupakan mitra operator dalam perhelatan bergengsi itu, meningkatkan persiapannya untuk Olimpiade Paris yang akan dihelat mulai 6 Juli – 11 Agustus 2024.

Orange mengumumkan bahwa mereka kini akan mengizinkan semua konsumen 4G dan pelanggan bisnisnya untuk menggunakan jaringan 5G tanpa biaya tambahan mulai Senin, 3 Juni 2024.

Operator menjelaskan bahwa pendekatannya bertujuan untuk memungkinkan semua pelanggannya yang memiliki ponsel berkemampuan 5G, sehingga dapat menikmati koneksi yang lebih lancar selama Olimpiade.

Penawaran ini akan berlaku hingga 8 September, yang tampaknya ditujukan sebagai upaya operator untuk meningkatkan keterlibatan online dengan acara Olimpiade.

Dengan Orange 5G, operator menyatakan pelanggan akan dapat mengikuti Olimpiade secara langsung dan dalam format HD di ponsel mereka, berbagi konten di media sosial, sekaligus mengunduh konten favorit.

Baca Juga: Penetrasi 5G Rendah, Pasar Radio Access Network Jadi Lesu Darah

Orang juga menyoroti aspek hemat energi dari 5G, yang membantu mengurangi kemacetan pada jaringan 4G di lokasi-lokasi tersibuk.

Orange akan menjadi satu-satunya penyedia jaringan untuk acara olahraga tersebut dan telah mengalokasikan peran besar untuk 5G pribadi.

Perusahaan ini akan bertugas menyediakan konektivitas di 120 tempat resmi, menyediakan layanan termasuk fiber, TV, penyiaran media, dan push-to-talk.

Jean-Francois Fallacher, CEO Orange France, mengklaim Orange telah memperoleh keahlian unik dalam konektivitas di acara-acara besar selama lebih dari 20 tahun.

“Orange menghubungkan Olimpiade dengan infrastruktur yang luar biasa. Semua tim kami dikerahkan untuk memastikan sebanyak mungkin orang menikmati pengalaman yang tak terlupakan.”

5G di Olimpiade Musim Dingin China 2022

Sejatinya, Orange bukan operator pertama yang menggelar koneksi 5G dalam perhelatan olimpiade.

Untuk diketahui, teknologi 5G telah diadopsi dalam Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di China untuk pertama kalinya dengan cakupan 5G penuh.

Teknologi ini memungkinkan layanan penyiaran dan prakiraan cuaca real-time, pengaturan waktu dan penilaian selama acara, serta layanan transportasi dan medis.

China Unicom adalah mitra layanan telekomunikasi resmi untuk Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022.

Teknologi 5G di Olimpiade Beijing adalah teknologi penyiaran berbasis cloud dan akan memungkinkan masyarakat untuk menikmati acara tersebut pada waktu yang sama, kapan saja, dan di mana saja.

Baca Juga: Infografis: Perbandingan Jumlah Pelanggan Operator Selular 2024

Inti dari teknologi ini terletak pada penyiaran berbasis cloud yang terkonsentrasi pada ransel 5G, yang mampu mengikuti reporter di kamera dan mengumpulkan adegan di lokasi, sehingga menyediakan transmisi real-time, kata Wang.

Sedangkan untuk layanan medis, ambulans pintar 5G memiliki peralatan pengumpul data seperti kamera dan gateway darurat.

Staf medis di ambulans dapat mengirimkan data yang relevan ke pusat darurat melalui gerbang darurat 5G, sehingga mewujudkan pertukaran dan pembagian data secara real-time.

Dengan teknologi 5G, Kereta Kecepatan Tinggi Beijing-Zhangjiakou, kereta berkecepatan tinggi cerdas pertama yang sepenuhnya tercakup dalam jaringan 5G, dapat membuat video streaming langsung dari kereta peluru yang melaju dengan kecepatan 350 kilometer per jam.

“Semua penerapan inovatif sebenarnya merupakan eksplorasi aktif di ‘tanah tak bertuan’. Awalnya bertujuan untuk memastikan kelancaran operasional Olimpiade Musim Dingin. Namun saya pikir semua warisan Olimpiade akan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat di masa depan,” ujar Deputy Manager China Unicom Beijing Wang Chuanbao, seperti dikutip dari laman Global Times (9/2/2022).

Baca Juga: Krishna Patil, Bos Ericsson Indonesia Yakin 5G Segera Merata

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU