Sabtu, 20 Juli 2024
Selular.ID -

Harga Smartphone Kelas Kakap Bisa Makin Gila Karena Chipset Snapdragon 8 Gen 4

BACA JUGA

Selular.ID – Dapat dipastikan, Chipset kelas kakap milik Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 4 bakal hadir di bulan Oktober, meskipun ini sebuah peningkatan dari sebelumnya, harganya juga membumbung tinggi.

Ada rumor yang menyebutkan bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan lebih mahal, ini juga bisa menyebabkan harga lebih tinggi untuk ponsel kelas flagship yang akan datang.

Analis industri Ming-Chi Kuo kini menjelaskan kemungkinan alasan di balik perkiraan kenaikan harga untuk prosesor Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4 yang akan datang.

Menurut Kuo, chip tersebut, yang diperkirakan akan memasuki produksi massal pada paruh kedua tahun 2024, mungkin akan mengalami kenaikan harga sebesar 25-30% dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 3 (SM8650) saat ini, yang berharga sekitar $190-$200 per unit. Ini berarti Snapdragon 8 Gen 4 dapat berharga antara $237,50 dan $260.

Alasan utama kenaikan harga ini adalah penggunaan node produksi N3E terbaru dan lebih canggih dari TSMC untuk Snapdragon 8 Gen 4, kata Kuo.

Meskipun node baru ini akan memberikan peningkatan kinerja, node ini juga memerlukan biaya produksi yang lebih tinggi.

Meskipun harganya lebih tinggi, Kuo memperkirakan permintaan yang kuat untuk Snapdragon 8 Gen 4 karena meningkatnya pasar ponsel pintar kelas atas, terutama yang memiliki fitur AI.

Pengiriman chip baru ini diperkirakan akan mengalami peningkatan satu digit dibandingkan pendahulunya.

Dengan peningkatan teknologi ini, tidak mengherankan jika Snapdragon 8 Gen 4 memiliki biaya produksi yang lebih tinggi.

Proses fabrikasi yang lebih canggih dan komponen yang lebih baru biasanya memerlukan investasi yang lebih besar dalam penelitian dan pengembangan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan harga akhir chipset tersebut.

Jika rumor mengenai peningkatan harga Snapdragon 8 Gen 4 ini benar, maka hal ini bisa berdampak signifikan pada harga smartphone yang menggunakan chipset tersebut.

Produsen smartphone kemungkinan akan meneruskan biaya tambahan ini kepada konsumen, yang dapat mengakibatkan kenaikan harga pada perangkat flagship yang menggunakan Snapdragon 8 Gen 4.

Namun, kenaikan harga ini juga bisa diimbangi dengan peningkatan fitur dan performa yang ditawarkan oleh perangkat-perangkat tersebut.

Baca juga : Snapdragon 8 Gen 4 Bawa Arsitektur GPU Baru, Kalahkan M2 Apple

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU