Sabtu, 20 Juli 2024
Selular.ID -

Snapdragon 8 Gen 4 Bawa Arsitektur GPU Baru, Kalahkan M2 Apple

BACA JUGA

Selular.ID – GPU Adreno 830 dikatakan sebagai bagian dari Qualcomm Snapdragon 8 Gen 4, dengan hasil kinerja yang menunjukkan bahwa prosesor grafisnya luar biasa, mengalahkan M2 Apple sebesar 10 persen dalam pengujian Wild Life Extreme 3DMark.

Informasi terbaru, salah satu keterangan rahasia mengisyaratkan bahwa performa mentah tidak hanya akan disertakan dalam daftar peningkatan GPU karena dukungan untuk kompresi memori yang ditingkatkan juga dapat ditambahkan, bersamaan dengan peningkatan pemanfaatan untuk meningkatkan performa dalam game yang menuntut.

Salah satu perubahan besar pada Snapdragon 8 Gen 4 adalah arsitektur GPU irisan baru. Untuk beberapa alasan, keterangan rahasia di Stasiun Obrolan Digital Weibo tidak menyertakannya dalam postingannya, namun untungnya, @negativeonehero dengan cepat menunjukkannya.

Bagi yang belum tahu, arsitektur GPU irisan berarti Adreno 830 akan dibagi menjadi beberapa instance independen yang disebut ‘slice’, yang masing-masing memiliki pipeline, cache, dan memorinya sendiri. Keunggulan arsitektur ini tidak disoroti, namun kami mengetahui manfaat dari algoritma kompresi memori yang ditingkatkan.

Melihat upaya Apple untuk menghadirkan game AAA ke iPhone, Qualcomm mungkin merasakan tekanan untuk bekerja sama dengan perusahaan pengembang game dan menempuh jalur yang sama.

Ini mungkin menjadi salah satu alasan mengapa pengguna Weibo menyatakan bahwa tim pembuat chipset Shanghai telah mengembangkan teknologi baru yang meningkatkan pemanfaatan GPU dan kinerja secara keseluruhan.

Baca Juga:Keunggulan Qualcomm Snapdragon Dev Kit

Sebelumnya, keterangan rahasia mengklaim bahwa Snapdragon 8 Gen 4 akan memberi daya pada ponsel andalan Android masa depan dengan kapasitas baterai besar 5.500mAh dan mengisyaratkan bahwa penggunaan daya SoC yang tinggi akan menjadi alasan di balik keputusan ini.

Namun, peralihan ke baterai yang lebih besar mungkin terjadi karena pembuat ponsel pintar Android ingin perangkat mereka bertahan lebih lama ketika pemiliknya asyik menjalankan game yang menuntut grafis.

Dengan peningkatan pemanfaatan GPU, konsumsi daya juga meningkat, karena aplikasi tersebut dikatakan memanfaatkan Adreno 830 sepenuhnya.

Baca Juga:Qualcomm Diam-diam Rilis Chipset Snapdragon 6s Gen 3

Dengan Snapdragon 8 Gen 4, Qualcomm bisa serius menghadirkan game AAA ke jutaan perangkat, meskipun itu berarti berada di belakang Apple. selama satu tahun penuh.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU