Sabtu, 20 Juli 2024
Selular.ID -

Emas Turun, Berpotensi Alami Koreksi Kembali

BACA JUGA

Selular.ID – Prediksi emas hari ini berpotensi mengalami penurunan. Analisis dari Deu Calion Futures (DCFX) Andrew Fischer mengungkapkan, pada sesi perdagangan sebelumnya harga emas mengalami penurunan dari $2335 ke kisaran $2307 – $2308.

“Namun, pada malam harinya, harga emas kembali naik hingga saat ini. Fischer menjelaskan bahwa kenaikan ini berpotensi terjadi dalam jangka pendek, namun ada indikasi kuat bahwa harga emas akan kembali mengalami penurunan,” ujarnya.

Baca juga: Emas Berpotensi Menurun Didorong oleh Tingginya Inflasi

Menurut Fischer, pola kenaikan ini diperkirakan hanya akan bertahan dalam jangka pendek. Berdasarkan analisis teknikal yang dilakukan, harga emas saat ini belum berhasil menembus level resistance yang menjadi acuan penting dalam pergerakan harga.

“Hal ini menunjukkan bahwa masih ada potensi penurunan harga emas dalam beberapa hari ke depan,” katanya.

Analisis Fischer didukung oleh penggunaan trendline dan analisa candlestick yang menunjukkan bahwa momentum kenaikan emas mulai melemah dan berpotensi untuk mengalami koreksi kembali.

Fischer menambahkan, bahwa pada hari ini, belum ada berita ekonomi yang cukup signifikan yang dapat mempengaruhi harga emas secara drastis.

“Namun, pergerakan harga emas tetap dipantau dengan cermat oleh para pelaku pasar,” ujarnya.

Fischer menambahkan bahwa perhatian utama tetap pada level resistance yang saat ini belum berhasil ditembus. Jika level resistance tersebut tidak mampu ditembus, maka besar kemungkinan harga emas akan kembali bergerak turun menuju level support terdekat.

Di samping analisis teknikal, situasi pasar saat ini juga menunjukkan bahwa belum ada berita yang cukup signifikan yang bisa mengubah arah tren.

Faktor fundamental seperti kebijakan moneter dan data ekonomi belum memberikan kejutan yang cukup untuk mendukung kenaikan harga emas secara berkelanjutan.

Situasi pasar emas selama sesi AS pada hari Selasa (18/6), memberikan sedikit angin segar bagi para investor. Pada Divisi Comex New York Mercantile Exchange, futures emas untuk penyerahan Agustus diperdagangkan pada USD2,00 per troy ons saat penulisan, meningkat 0,68%. Instrumen ini sebelumnya diperdagangkan pada sesi tinggi USD per troy ons.

Support dan resistance menjadi level kunci dalam perdagangan emas saat ini. Emas kemungkinan akan mendapat support pada USD2.310,90 dan resistance pada USD2.358,80.

Support adalah level harga di mana permintaan cenderung meningkat, mencegah harga jatuh lebih lanjut. Sebaliknya, resistance adalah level di mana penawaran cenderung meningkat, mencegah harga naik lebih lanjut.

Selain emas, indeks Dolar AS Berjangka yang memantau kinerja greenback versus keranjang enam mata uang utama lainnya, naik 0,04% dan diperdagangkan pada USD104,90.

Penguatan dolar AS ini sering kali berbanding terbalik dengan harga emas, karena emas dihargai dalam dolar AS. Ketika dolar menguat, harga emas cenderung melemah karena menjadi lebih mahal bagi investor yang menggunakan mata uang lainnya.

Dalam kesimpulannya, prediksi Fischer untuk emas hari ini, ada potensi kenaikan dalam jangka pendek. Namun, tekanan jual masih dominan dan harga emas belum berhasil menembus level resistance.

Baca juga: Sempat Naik Saat Berita PPI, Emas Hari Diproyeksi Turun Kembali

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU