Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

Pasar Game PC Tumbuh Melampaui Game Konsol dan Mobile

BACA JUGA

Selular.ID – Menurut penelitian baru-baru ini yang ditujukan pada pasar game, menunjukan di tahun 2023 adalah tahun pemulihan bagi industri game, dan dari game PC tumbuh ciamik.

Newzoo, melaporkan hasil penelitiannya untuk pasar industri game. Pendapatan dari penjualan game PC, transaksi mikro, dan langganan tumbuh 8,4% dibandingkan pendapatan tahun 2022, kata perusahaan tersebut.

Sedangkan pendapatan game konsol hanya mengalami peningkatan 0,3%, dan pendapatan game seluler menyusut 2,1%.

Pasar konsol dan game seluler masih sedikit lebih besar dibandingkan pasar PC: Newzoo memperkirakan total pendapatan game seluler pada tahun 2023 sebesar $89,9 miliar, konsol sebesar $52,4 miliar, dan PC sebesar $39,6 miliar.

Angka-angka ini hanyalah perkiraan, dan belum termasuk penjualan perangkat keras, namun kesenjangan yang semakin dekat antara pasar PC dan konsol tentunya sejalan dengan perasaan yang kita rasakan selama bertahun-tahun bahwa game PC telah menjadi mainstream.

Game yang paling banyak dibicarakan pada tahun 2023, Baldur’s Gate 3, pertama kali dirilis di PC, dan eksklusivitas konsol FOMO berada pada titik terendah sepanjang masa.

“Pendapatan PC dari perusahaan publik naik hampir 9% YoY [tahun ke tahun],” kata Newzoo yang dikutip dari PC Gamer.

“Di sisi perusahaan swasta, Valve, Epic Games, dan miHoYo menunjukkan kinerja yang kuat. Kami juga melihat bahwa perusahaan game sukses yang menerapkan strategi lintas platform bertindak sebagai katalis yang menguntungkan bagi pasar PC.” Tambahnya.

Betapapun menariknya game PC saat ini, gagasan bahwa industri game sedang bangkit dari keterpurukan memang terasa agak timplang, mengingat perusahaan-perusahaan besar terus-menerus memberhentikan ratusan karyawannya.

Kalau dihitung kembali, sekitar ada belasan ribu karyawan terkena PHK baru-baru ini pada bulan Februari, mengutip dari laporan yang sama.

Menyusul ledakan awal pandemi, Newzoo mengatakan bahwa pendapatan game menyusut pada tahun 2021, stabil pada tahun 2022, dan diperkirakan tumbuh sebesar 0,5% pada tahun 2023, itulah sebabnya tahun ini dikategorikan sebagai tahun pemulihan.

Baca juga : Pasar Game Tiongkok Dominasi Setengahnya Dari Global

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU