Rabu, 19 Juni 2024
Selular.ID -

LG Kian Agresif, Siap Perluas QNED TV Hingga 98 Inci di Indonesia

BACA JUGA

Jakarta, Selular.ID — Tiap brand TV memiliki teknologi sendiri dalam menjajakan produknya. Seperti LG yang mengkolaborasikan dua teknologi Quantum Dot dan NanoCell serta prosesor berbasis AI ke dalam jajaran QNED TV.

Berkat itu, menjadikan QNED TV LG dapat mereproduksi cahaya lebih baik untuk menghasilkan warna lebih akurat dengan kontras lebih tinggi.

Bersenjatakan QNED TV, LG menyatakan kesiapannya dalam memperluas produknya di Indonesia. Langkah ini dikatakan sejalan dengan upaya perusahaan dalam meningkatkan dominasi pada pasar TV kelas premium di Indonesia.

Keberadaan QNED TV yang berbasis panel LED, dikatakan bakal dapat lebih memenuhi kebutuhan pasar TV premium yang terus meluas seiring semakin besarnya harapan pengguna pada keberadaan TV.

“Dengan basis panel yang telah luas digunakan, QNED membawa teknologi yang menjadi puncak inovasi panel LED saat ini. Menjadi representasi keberhasilan LG dalam menggabungkan teknologi terkini LED dengan inovasi LG,” ujar Park Jae Il selaku Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Pernyataan ini, menurutnya, terkait erat dengan evolusi teknologi panel TV. Pasca era TV tabung yang kemudian diikuti kemunculan berbagai alternatif panel lainnya, LED tumbuh menjadi teknologi panel TV yang terus bertahan dan mengalami berbagai pengembangan teknologi.

Penamaan QNED TV pun tersusun dari dua teknologi utama panel LED didalamnya yaitu Quantum Dot dan NanoCell (Emitting Diode).

Baca Juga: Dari TV, Kulkas, Sampai Proyektor, LG Boyong Koleksi CES ke Indonesia

Quantum Dot menjadi teknologi terkini panel TV LED. Secara singkat, teknologi ini bekerja dengan komponen menyerupai butiran kristal.

Dengan memiliki tiga sumber cahaya yang tiap sumbernya menghasilkan warna dasar berbeda, butiran kristal dengan memanfaatkan karakteristiknya, mampu mereproduksi cahaya lebih baik untuk menghasilkan warna lebih akurat dengan kontras lebih tinggi.

“Keunggulan inilah yang kemudian membuat semakin banyak pabrikan yang menggunakan teknologi Quantum Dot pada TV LED kelas premiumnya,” ujar Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia.

Meski ditawarkan berbagai merek dalam berbagai nama berbeda, menurutnya lagi, pengguna akan sulit mengenali perbedaan nyata pada kualitas gambar dari layarnya. Hal ini dikatakannya karena pengembangan hanya dilakukan dengan menambahkan fasilitas lainnya sebagai kelengkapan TV LED berbasis Quantum Dot ini.

Park Jae Il selaku Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia
Park Jae Il selaku Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia

Berbeda halnya dengan LG, menurutnya lagi, QNED TV hadir menjadi pengembangan dengan mengkolaborasikan teknologi NanoCell milik LG sendiri pada panel LED berbasis Quantum Dot.

“Tak hanya penambahan fasilitas untuk kenyamanan, kolaborasi kedua teknologi ini menyentuh dan sekaligus meningkatkan performa reproduksi warna layar TV,” ujar Hyunjin Kim as Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia

Teknologi NanoCell LG sendiri berupa lapisan nanopartikel ekstra. Tersemat pada panel LED, lapisan ini berfungsi sebagai filter warna yang menyaring cahaya dalam panjang gelombang cahaya yang dihasilkan panel LED dengan Quantum Dot tadi.

Proses ini menghasilkan spektrum warna lebih luas, tampilan lebih terang dengan kedalaman warna lebih dramatis.

Baca Juga: TV Besar LG 86 Inci dengan Prosesor Pintar Dijual di Indonesia Mulai Rp28 Jutaan

Hal ini dikatakannya akan tampak sangat terasa pada visual kaya warna dengan gradasi tinggi pada pertemuan antar warna. Seperti pada berbagai film maupun game yang dibuat dengan teknologi visualisasi terkini.

“Kenyamanan utama yang berasal dari kolaborasi teknologi panel LED inilah yang membuat kami lebih memilih mengembangkan QNED TV lebih dari sekedar LED dengan Quantum Dot,” ujar Geum Sub Shin – R&D HW DVB Team Leader of LG Electronics R&D Center.

Namun demikian, lanjutnya lagi, LG pun akan menyematkan berbagai fitur dan teknologi dukungan lainnya untuk menjadikan QNED TV benar-benar dapat menjawab kebutuhan peminat TV premium di Indonesia.

Termasuk didalamnya dengan menggunakan prosesor berbasia kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) yang akan menambah kekuatan dalam pengaturan performa visual sekaligus audio.

Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia
Vincent Martana Wenas, Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia

Disisi lain, dikatakannya pula, kenyamanan pengguna QNED TV akan semakin tinggi dengan keberadaan versi terbaru webOS yang merupakan platform smart TV LG.

Pasalnya, selain menjanjikan kemampuan personalisasi melalui kemampuannya mengenali pola penggunaan TV, versi terbaru ini menawarkan peluang pemutakhiran lebih luas yang membuat penggunanya bakal dapat terus menikmati pembaruan versi hingga lima tahun kedepan tanpa tambahan biaya.

Meski belum memberikan detail lebih banyak, LG menyatakan tengah dalam persiapan untuk membawa model QNED TV terbarunya bagi pasar Indonesia.

“Tak sampai kaij dari tengah tahun ini, model terbaru QNED TV LG akan kami hadirkan. Pengembangan teknologi pada panelnya beserta dengan berbagai kelengkapan didalamnya, menjadikannya hal yang pantas dinanti bagi penikmat visual dari film maupun game terkini,” ujar Park Jae Il.

Baca Juga: LG Akan Umumkan TV LED Mini QNED di CES 2021

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU