Minggu, 16 Juni 2024

Koneksi IoT Mobile Bakal Tembus 7,5 Miliar Pada Akhir 2033

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Perusahaan riset Transforma Insights memperkirakan koneksi IoT seluler akan meningkat dari 1,9 miliar pada akhir 2023 menjadi 7,5 miliar pada dekade berikutnya.

Meski demikian, perusahaan riset itu mencatat hanya 1,1 miliar yang akan menggunakan apa yang dianggap sebagai 5G penuh.

Sisa koneksi 5G, termasuk yang menggunakan teknologi komunikasi tipe mesin masif (mMTC), akan mencapai 5,5 miliar. Teknologi mMTC lainnya, seperti NB-IoT dan LTE-M, diatur untuk memperhitungkan koneksi tambahan.

Perusahaan riset tersebut mencatat total 16,1 miliar perangkat IoT aktif pada akhir tahun lalu, dan memperkirakan angka tersebut akan meningkat hingga hampir 40 miliar pada akhir tahun 2033.

Baca Juga: XL Axiata Kenalkan Solusi Manufaktur Cerdas Berteknologi IoT

Penjualan perangkat tahunan diperkirakan akan meningkat dengan CAGR sebesar 8 persen dari 4,1 miliar menjadi 8,7 miliar dalam jangka waktu yang sama.

Total pendapatan untuk pasar termasuk modul, aplikasi terkait, dan konektivitas diproyeksikan meningkat hampir tiga kali lipat dari $335 miliar menjadi $934 miliar.

Pada 2033, sektor konsumen diperkirakan mewakili 61 persen dari seluruh koneksi IoT. Untuk sektor perusahaan, 35 persen perangkat akan berasal dari kasus penggunaan “lintas vertikal”, seperti track-and-trace, peralatan kantor, dan kendaraan armada.

Tambahan 24 persen koneksi perusahaan akan digunakan oleh sektor utilitas, yang paling menonjol adalah smart meter.

Eceran dan grosir akan menyumbang 22 persen, terutama disebabkan oleh perangkat pemrosesan pembayaran dan label rak elektronik.

Berdasarkan wilayah, tercatat China, Amerika Utara, dan Eropa akan mendominasi, masing-masing menyumbang 32 persen, 21 persen, dan 19 persen, dari total nilai pasar IoT pada akhir periode perkiraan.

Baca Juga: Infinix Kuatkan Ekosistem Dengan Perluas IoT

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU