Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Tim Cook Kunjungi Vietnam untuk Tingkatkan Rantai Pasokan Apple

BACA JUGA

Selular.ID – CEO Apple Tim Cook tiba di Hanoi, memulai perjalanan dua hari ke Vietnam, pusat manufaktur penting bagi raksasa iPhone.

Seperti dilansir publikasi lokal VietnamNet, kunjungan Cook bertujuan untuk terhubung dengan pelanggan, pelajar, dan pengembang aplikasi di negara tersebut.

Apple dilaporkan telah mengumumkan niatnya untuk meningkatkan komitmennya terhadap Vietnam.

Mei lalu, Apple meluncurkan toko online di Vietnam, memberikan konsumen lokal akses langsung untuk membeli produk Apple apa pun untuk pertama kalinya.

Cook membagikan kabar terbaru tentang kunjungannya di media sosial.

Misalnya, dia sudah mengunjungi Danau Hoan Kiem dan mengobrol dengan pembuat film Duy tentang mode Sinematik di iPhone 15 Pro.

Vietnam, bersama India, adalah salah satu negara yang memperoleh manfaat dari upaya Apple untuk mengurangi ketergantungannya pada Tiongkok.

Selain meningkatkan produksi AirPods dan Apple Vision Pro, Apple juga telah mengalihkan beberapa pekerjaan pengembangan iPad ke Vietnam.

Meskipun hanya sedikit rincian yang diungkapkan sejauh ini, rencana tersebut mengharuskan Apple meningkatkan belanja pemasok dan mendanai inisiatif air bersih untuk sekolah.

Pekan lalu, lebih dari 60 organisasi hak asasi manusia dan lingkungan menulis surat yang mendesak Apple untuk mengatasi penahanan pakar iklim di Vietnam.

Kelompok aktivis mendesak Apple untuk melakukan intervensi, mengingat hubungan manufakturnya dengan wilayah tersebut.

Ekspansi manufaktur Apple di Vietnam memang mengalami kemajuan, dengan para pemasok membangun fasilitas baru di sana. Namun, hal itu tidak sepenuhnya berjalan mulus.

Pada tahun 2023, otoritas setempat meminta pemasok Apple, termasuk Foxconn, untuk mengurangi penggunaan listrik mereka karena akan terjadi kekurangan listrik.

Baca Juga: Hacker Berbasis di Vietnam Curi Data Keuangan di Seluruh Asia dengan Malware

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU