Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Google Rilis Fitur Baru “Find My Devices” Melacak Perangkat Android

BACA JUGA

Selular.ID – Google telah mengumumkan peluncuran “Find My Devices” (Temukan perangkat saya), yang membantu pengguna dengan mudah menemukan perangkat Android mereka yang hilang serta barang-barang sehari-hari lainnya.

Artinya, pengguna Android akan segera dapat menemukan lokasi ponsel, jam tangan pintar, earbud, dan pelacak berkat jaringan Temukan Perangkat Saya yang baru dari Google.

“Hari ini, Find My Device yang serba baru diluncurkan ke perangkat Android di seluruh dunia, dimulai di AS dan Kanada,” kata Google dalam postingan blog barunya.

Dalam postinganya disebutkan dengan jaringan crowdsourcing baru yang mencakup lebih dari satu miliar perangkat Android, “Find My Devices” dapat membantu menemukan perangkat Android dan barang sehari-hari yang hilang dengan cepat dan aman.

Meskipun Google sudah menawarkan pengaturan “Find My Devices”di ponsel Android, perangkat yang dicari harus dihidupkan dan terhubung agar fitur tersebut dapat berfungsi.

Fitur ini baru dirancang untuk menggunakan Bluetooth untuk melacak ponsel yang hilang dan perangkat lain yang terputus dari Wi-Fi atau jaringan seluler.

Fitur Powered Off Finding akan memungkinkan setiap perangkat menyimpan suara di memori pengontrol Bluetooth-nya, sehingga jaringan dapat melihat perangkat apa pun yang didukung meskipun perangkat tersebut tidak tersambung.

Baca Juga:Fitur AI di Google Akan Berbayar

Dalam postingan blognya, Google menjelaskan lima cara pengguna Android dapat memanfaatkan jaringan “Find My Devices” yang baru.

Pengguna dapat menemukan ponsel atau tablet Android apa pun yang kompatibel dengan meneleponnya atau melihat lokasinya di peta.

Jaringan akan menemukan perangkat apa pun yang didukung meskipun sedang offline. Dan itu akan melacak ponsel Pixel 8 atau Pixel 8 Pro apa pun meskipun dimatikan atau baterainya habis.

Mulai Mei, pengguna dapat menggunakan aplikasi Find My Devices untuk menemukan item seperti kunci atau bagasi melalui tag pelacak Bluetooth yang dibuat oleh Chipolo dan Pebblebee.

Dirancang khusus untuk jaringan baru, tag tersebut akan mengirimi peringatan pelacak yang tidak dikenal di seluruh perangkat Android dan iOS untuk memperingatkan tentang pelacakan yang tidak diinginkan.

Yang juga diluncurkan pada Mei adalah tombol Temukan di sekitar yang akan membantu pengguna menentukan dengan tepat objek yang mungkin bersembunyi tepat di sebelah Anda.

Dengan menggunakan tag Bluetooth yang akan datang, Anda akan dapat memburu benda-benda terdekat seperti dompet atau kunci.

Selanjutnya, aplikasi “Find My Devices” akan menampilkan ponsel atau item lain yang hilang terkait dengan perangkat Nest di rumah Anda, sehingga memberi Anda titik referensi.

Dan terakhir, Anda dapat berbagi perangkat atau aksesori sehingga orang lain juga dapat melacaknya.

Jadi, ponsel Android mana yang bisa menggunakan jaringan “Find My Devices” yang baru? Meskipun hanya Pixel 8 dan Pixel 8 Pro yang dapat ditemukan meskipun dimatikan,

jaringan akan berfungsi dengan ponsel apa pun yang menjalankan Android 9 atau lebih tinggi.

Dan seberapa aman dan pribadi perangkat di jaringan baru ini? “Perlindungan berlapis yang dibangun ke dalam jaringan “Find My Devices” membantu menjaga tetap aman dan informasi pribadi tetap pribadi.

Sekaligus menjaga tetap mengontrol perangkat yang terhubung ke jaringan Find My Devices,” kata Google dalam postingannya.

“Ini termasuk enkripsi data lokasi secara end-to-end serta pelaporan lokasi perangkat secara agregat, fitur keamanan pertama yang memberikan perlindungan tambahan terhadap pelacakan yang tidak diinginkan kembali ke rumah atau lokasi pribadi.”

Find My Devices aman secara default dan dirancang untuk privasi. Proteksi multi-lapisan yang dibangun ke dalam jaringan “Find My Devices” membantu menjaga keamanan dan privasi informasi pribadi, sambil memberikan kontrol atas perangkat yang terhubung ke jaringan “Find My Devices”.

Baca Juga:Harga dan Waktu Peluncuran Google Pixel 8a Terungkap

Ini termasuk enkripsi data lokasi ujung ke ujung serta pelaporan lokasi perangkat yang diagregasi, fitur keamanan yang memberikan perlindungan tambahan terhadap pelacakan yang tidak diinginkan.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU