Minggu, 19 Mei 2024
Selular.ID -

Diperbarui, Pembelian di Google Play Bakal Jauh Lebih Aman

BACA JUGA

Selular.ID – Google menerapkan metode keamanan biometrik di Google Play, hal ini dilakukan Google untuk mengonfirmasi transaksi agar jauh lebih aman.Aktivasi memode keamanan biometrik ini berlaku pada smartphone yang memiliki fitur keamanan biometrik.

Praktiknya, ketika pengguna mengaktivasi keamanan biometrik, artinya pengguna akan ditanyai untuk verifikasi transkasi, menggunakan fitur biometrik yang dipilih kapan pun mereka malakukan pembelian via Google Play.

“Untuk membuat akun kamu tetap aman, aktifkan verifikasi biometrik untuk setiap pembelian,” kata Google Play melalui email ke pelanggan mereka.

Lebih lanjut Google Play juga menyarankan pengguna untuk menghindari berbagi akun dengan orang lain.

Saat pertama kali mengaktifkan opsi ini, Anda harus memasukkan kata sandi akun Google untuk konfirmasi. Google melakukan sedikit perubahan pada proses ini agar verifikasi pembelian tidak terlalu mengganggu.

Segera, ketika A mengaktifkan verifikasi pembelian biometrik, pengguna tidak perlu memasukkan kata sandi akun Google.

Sebagai gantinya, pengguna perlu menggunakan sensor sidik jari atau wajah ponsel untuk konfirmasi.

Meskipun merupakan perubahan kecil, hal ini seharusnya berfungsi sebagai insentif tambahan untuk mengaktifkan verifikasi pembelian di Google Play jika belum melakukannya.

Ini juga akan menjadi keuntungan bagi pengguna yang tidak dapat mengingat kata sandi akun Google mereka atau telah menggunakan Passkey sepenuhnya.

Perubahan ini belum diterapkan, Google mengatakan peluncurannya akan dilakukan dalam beberapa minggu mendatang. Perlu diperhatikan bahwa verifikasi pembelian hanya berfungsi pada transaksi yang dilakukan melalui sistem penagihan Google Play.

Aktifkan verifikasi pembelian di Google Play dengan mengetuk foto profil Anda di pojok kanan atas, diikuti dengan Setelan > Verifikasi pembelian.

Pastikan untuk mengaktifkan tombol verifikasi Biometrik sehingga Google Play dapat menggunakan sidik jari ponsel Anda atau face unlock untuk konfirmasi pembelian.

Jika Anda masuk ke beberapa akun Google di ponsel Anda, Anda harus mengaktifkan opsi secara manual untuk setiap akun.

Demikian pula, verifikasi pembelian harus diaktifkan secara manual untuk setiap perangkat, karena opsi ini tidak disinkronkan di seluruh perangkat yang tertaut ke akun Google.

Setelah Anda mengaktifkan verifikasi pembelian di Google Play, semua pembelian, termasuk buku, film, dan transaksi dalam aplikasi, akan memerlukan konfirmasi tambahan.

Baca Juga:Google Play Store Izinkan Uninstal Aplikasi Secara Jarak Jauh dari Perangkat Lain

Jika memiliki anak atau anggota keluarga yang menggunakan ponsel atau tablet Android Anda, verifikasi pembelian dapat membantu menghindari transaksi yang tidak diinginkan.

 

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU