Jumat, 24 Mei 2024
Selular.ID -

Android Bakal Tambahkan Isi Daya Nirkabel Pakai NFC

BACA JUGA

Selular.ID – Pengisian daya nirkabel bisa sangat nyaman, dan kita terbiasa melihat smartphone dan perangkat umum lainnya dengan kemampuan pengisian daya nirkabel Qi.

Namun tahukah Anda ada standar lain yang lebih serbaguna untuk pengisian daya nirkabel? Ini disebut Pengisian Nirkabel NFC atau wireless charging atau disingkat WLC.

Dan menurut kode mendalam terbaru, dukungan untuk itu telah ditambahkan ke Android 15, membuka kemungkinan pengisian daya untuk perangkat lebih kecil yang belum menggunakan Qi.

NFC adalah singkatan dari Near-Field Communication, yang mungkin Anda kenali sebagai teknologi di balik pembayaran nirsentuh.

Perbedaan utama dengan WLC adalah penggunaan antena yang jauh lebih kecil.

Artinya, perangkat ini dapat dimasukkan ke dalam earbud, stylus, jam tangan pintar, tag pelacak, atau semua jenis perangkat pintar kecil yang tidak memungkinkan untuk menambahkan pengisian daya nirkabel Qi.

Dan keuntungannya, antena yang sama juga dapat menangani transfer data NFC, sehingga menghemat lebih banyak ruang internal.

Pengisian Nirkabel NFC bukanlah hal baru.

Namun masalahnya, kurangnya dukungan dari platform teknologi besar seperti Android.

Untungnya, hal itu sepertinya akan berubah.

Menurut Mishaal Rahman, pembaruan Android 15 yang akan datang diatur untuk menyertakan dukungan untuk Pengisian Nirkabel NFC, yang dapat menghadirkan gelombang baru aksesori yang kompatibel.

Baca Juga: Charging Stand Nirkabel Kini Capai 100W

Potensi Pengisian Nirkabel NFC sangat menarik untuk menyederhanakan perangkat yang lebih kecil.

Bayangkan tag pelacak, seringkali terlalu kecil untuk kumparan Qi, dan dilengkapi dengan antena Pengisian Nirkabel NFC kecil.

Mereka tidak memerlukan baterai rumit yang dapat diganti.

Atau stylus–standar stylus USI 2.0 sudah mendukung NFC Wireless Charging; sekarang, yang kita perlukan hanyalah perangkat yang kompatibel dengan pemancar pengisian daya NFC.

Baca Juga: Smartwatch Pertama Garmin dengan Charging Nirkabel Vívomove Trend Dijual Rp4 Jutaan

Meskipun kekuatan transmisi WLC tidak akan menyaingi kecepatan Qi, hal ini masih dapat mengurangi ketergantungan pada baterai kecil yang mengganggu dan kabel yang tidak praktis untuk gadget kecil yang kita semua gunakan.

Jika Android 15 berhasil menghadirkan dukungan Pengisian Nirkabel NFC secara luas, kita dapat melihat lebih banyak produsen yang menerapkan standar ini.

Hal ini bisa menjadi sebuah terobosan baru, terutama jika menyangkut teknologi yang kecil, mudah salah tempat, dan dapat dikenakan.

Menarik untuk melihat masa depan teknologi pengisian daya yang nyaman dan serbaguna ini, meskipun pengisian dayanya lebih lambat.

Baca Juga: Standar Pengisi Daya Nirkabel Qi2 Dikonfirmasi Debut Tahun Baru

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU