Senin, 15 April 2024

Terapkan Teknologi Digital Twin 5G-A, ZTE Merevolusi Kereta Api Berkecepatan Tinggi

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Vendor jaringan terkemuka China, ZTE bekerja sama dengan China Mobile cabang Yunnan, sukses menciptakan paradigma baru dalam pembangunan jaringan kereta api berkecepatan tinggi.

ZTE menerapkan teknologi kembar digital (digital twin) 5G-A di kereta api berkecepatan tinggi KunchuDali, mewujudkan peningkatan sinyal dan kemajuan jaringan untuk memenuhi kebutuhan transportasi dan kehidupan masyarakat yang lebih baik.

Kereta api berkecepatan tinggi KunchuDali membentuk segmen penting dari Kereta Api Internasional China -Myanmar dan jalur barat Kereta Api Trans – Asia, menghubungkan kota-kota utama Kunming, Chuxiong, Dali, dan Lijiang di Provinsi Yunnan.

Berfungsi sebagai tulang punggung infrastruktur transportasi di kawasan ini, rute ini memfasilitasi pergerakan harian sekitar 61.000 penumpang, sehingga mendapatkan reputasi sebagai “jalur pariwisata emas”.

Namun, pembangunan dan pengoperasian jalur kereta api menghadapi kendala berat karena medan terjal yang ditandai dengan fluktuasi pegunungan, topografi yang berbahaya, dan vegetasi yang lebat.

Baca Juga: ZTE dan Moratelindo (Oxygen.id) Tawarkan STB Resolusi 4K Dengan Android TV

Khususnya, sebagian besar rute tersebut melintasi wilayah dengan konsentrasi jembatan dan terowongan yang tinggi, yaitu 64% dari total panjangnya.

Selain itu, banyak lokasi konstruksi terletak di zona pegunungan yang tidak normal, sehingga menimbulkan tantangan terhadap efisiensi dan kualitas upaya survei.

Cabang Yunnan dari China Mobile dan ZTE memperkenalkan teknologi kembaran digital 5G-A untuk membangun dua kemampuan inti, yaitu kembaran situs digital dan kembaran saluran nirkabel.

Kembaran situs 3D dicapai melalui akuisisi kontrol penerbangan otomatis UAV, sehingga melaksanakan survei inspeksi parameter teknik dan identifikasi AI pada aset antena, serta menjamin kualitas penerapan teknik dengan efisiensi tinggi dan kualitas tinggi

Selain itu, saluran kembar dibangun di daerah pegunungan untuk mencapai prediksi dan optimalisasi cakupan.

Elemen optimasi yang diperlukan untuk daerah pegunungan, yaitu azimuth, downtilt, power, dan beamweight antena, digabungkan dan dioptimalkan terlebih dahulu.

Dengan cara ini, dengan pembangunan pra-perencanaan yang pertama kali dilakukan, kualitas konstruksi jaringan kereta api kecepatan tinggi dijamin lebih cepat dan lebih baik, dan periode optimalisasinya dipersingkat.

Sebelum Festival Musim Semi 2024, kereta api berkecepatan tinggi KunchuDali sepenuhnya mencapai target jalur berkualitas tinggi, dengan tingkat cakupan 98,5% dan kecepatan pengunduhan 5G lebih dari 300Mbps.

Dibandingkan dengan metode perencanaan dan optimalisasi tradisional, kereta api berkecepatan tinggi KunchuDali menghemat lebih dari RMB1,6 juta dan mempersingkat periode optimalisasi selama hampir satu bulan.

Baca Juga: Phintraco Ekasarana Jadi Distributor Resmi Produk Server ZTE

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU