Senin, 15 April 2024

CEO Huawei Ungkap Alasan Dibalik Peluncuran 5G Smart Warehouse Pertama di Indonesia

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Huawei resmi meluncurkan Smart 5G Warehouse yang pertama di Indonesia dan pusat inovasi 5G di Cikarang, Bekasi (7/3/2024).

CEO Huawei Indonesia Mr. Long mengatakan 5G Smart Warehouse ini merupakan bukti nyata dari teknologi 5G yang dapat membawa nilai tambah bagi industri tradisional di Indonesia

Hadirnya gudang pintar 5G yang dikembangkan oleh Telkomsel dan Huawei merupakan salah satu langkah maju untuk memperkaya ekosistem 5G di Indonesia.

Langkah tersebut juga merupakan bentuk dukungan Huawei terhadap digitalisasi di Indonesia dan mewujudkan Indonesia emas di 2045.

“Kami berharap lebih banyak perusahaan yang dapat beralih ke digital dan menjadi pintar dalam bisnis mereka sendiri,” kata Long.

Dengan potensi industri yang sangat besar, Long mengatakan bahwa Huawei siap bergandengan tangan dengan pelanggan dan para mitra.

“Mari kita bekerja sama dan saling mendukung untuk mencapai hasil yang saling menguntungkan. Saya percaya, bersama-sama kita dapat menandai kontribusi yang lebih besar bagi Indonesia,” tambahnya.

Baca Juga: 5G Smart Warehouse yang Dibangun Huawei Didukung Penuh Oleh Kominfo

Manfaat 5G Smart Warehouse

5G Smart Warehouse memanfaatkan solusi layanan jaringan dan teknologi terkini seperti 5G Private Network, Multi-access Edge Computing (MEC), Internet-of-Things (IoT), dan Big Data Analytics untuk mengoptimalkan operasi.

Bertujuan meningkatkan keamanan dan keselamatan kerja, mencegah human error, menciptakan efektivitas waktu kerja, menekan konsumsi energi, dan mengurangi potensi kerugian tak terduga.

Pengelola gudang dapat melakukan simulasi digital menggunakan solusi Digital Twins dan Big Data Analytics guna memonitor serta menganalisis operasional gudang secara real-time untuk mengoptimalkan pengelolaan inventaris barang, terutama dalam mencegah terjadinya kelebihan maupun kekurangan persediaan barang.

Sebagai bagian dari TelkomGroup, Telkomsel Enterprise menghadirkan konektivitas broadband 5G untuk memfasilitasi komunikasi yang cepat dan akurat antara staf dan robot autonomous guided vehicles (AGV) sekaligus memastikan efisiensi pergerakan barang.

Selain itu, Telkomsel Enterprise pun menghadirkan sistem keamanan cerdas yang dilengkapi dengan sensor video dan penginderaan inframerah untuk menjaga keamanan gudang.

Teknologi BTS 5G dari Huawei yang mendukung seluruh operasi bisnis dalam 5G Smart Warehouse ini hanya mengonsumsi energi sebesar 5 watt, atau setara dengan satu bohlam hemat energi. Efisiensi energi ini menjadikan teknologi BTS 5G Huawei sebagai solusi berkelanjutan untuk masa depan.

5G Smart Warehouse dan 5G Innovation Center merupakan langkah maju yang signifikan untuk perjalanan transformasi digital Indonesia.

Dengan memperkenalkan kekuatan 5G dalam industri logistik, fasilitas ini membuka jalan menuju masa depan yang lebih efisien, kompetitif, dan berkelanjutan.

Baca Juga: Kominfo Belum Bisa Pastikan Jadwal Lelang Spektrum 700 Mhz

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU