Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Bakal Segera Beredar, “Black Myth: Wukong” Darah Baru Industri Game China

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Regulator video game China telah menyetujui 111 judul baru pada Februari 2024, termasuk Black Myth: Wukong yang sangat dinantikan.

Terbitnya izin ratusan game baru itu, memberikan dorongan kepercayaan diri pada industri ini setelah penurunan saham pada Desember tahun lalu.

Pada Selasa (27/2/2024), Administrasi Pers dan Publikasi Nasional (NPPA), badan pemerintah yang bertanggung jawab atas perizinan video game di China, menerbitkan daftar terbaru judul-judul domestik baru yang disetujui.

NPAA memberikan lampu hijau untuk 115 judul game China pada Januari lalu dan 32 game impor sebelumnya pada bulan ini.

Selain Black Myth: Wukong, game lain yang disetujui termasuk Infinite Nikki, sebuah game petualangan berdandan dunia terbuka dari studio China Papergames, dan Perfect New World, sebuah game bermain peran aksi dunia terbuka yang dikembangkan oleh perusahaan China lainnya, Perfect World.

NetEase mendapat satu judul baru yang disetujui, sementara Tencent Holdings, operator video game terbesar di negara itu berdasarkan pendapatan, tidak menerima persetujuan kali ini.

Persetujuan terbaru ini memberikan dorongan lain bagi industri ini ketika otoritas Tiongkok mencoba untuk meningkatkan kepercayaan terhadap pasar video game, yang mengalami pukulan besar pada Desember 2023 akibat rancangan peraturan yang bertujuan untuk mengekang permainan dan pengeluaran yang “berlebihan”.

Baca Juga: Industri Game Sumbang Rp31 T, Google Buka Sertifikasi Developer Gratis

Aturan yang diusulkan ternyata mengguncang industri game China. Terjadi aksi jual besar-besaran senilai USD 80 miliar dalam waktu 24 jam.

Ini membuat saham perusahaan game terbesar China, Tencent, anjlok 16 persen, sementara NetEase, harus turun hingga 25 persen.

Usai terjadi dampak besar di industri, pembuat kebijakan pun mengumumkan bakal merevisi undang-undang ini, dengan mendengarkan masukan dari masyarakat.

Dalam sebuah langkah yang jarang dilakukan untuk mengatasi dampak buruk ini, Beijing menghapus pemberitahuan rancangan peraturan tersebut dari situs web NPPA.

Imbas RUU tersebut, seorang pejabat penting yang terlibat dalam pengawasan pasar video game mengundurkan diri.

Pejabat tersebut diidentifikasi sebagai Feng Shixin. Ia sebelumnya merupakan kepala penerbitan di Departemen Publisitas Partai Komunis China.

Otoritas China belum secara resmi mengumumkan dicopotnya Feng. Namun sumber Reuters mengklaim, pemecatan ini terkait dengan kontroversi undang-undang game terbaru di negara itu.

Black Myth: Wukong Diangkat Dari Empat Novel Klasik Sastra China

Diterbitkannya izin edar Black Myth: Wukong merupakan terobosan terbaru pemerintah China yang ingin mengembalikan industri game yang sempat ‘pingsan’ tahun lalu akibat kerasnya pembatasan.

Dikembangkan oleh studio Game Science yang berbasis di Hangzhou, Black Myth: Wukong adalah salah satu judul yang paling ditunggu oleh para gamer Tiongkok.

Sebagai RPG aksi yang berakar pada mitologi Tiongkok, cerita Black Myth: Wukong didasarkan pada Perjalanan ke Barat, salah satu dari Empat Novel Klasik Hebat sastra China.

Anda akan berangkat sebagai Yang Ditakdirkan untuk menghadapi tantangan dan keajaiban di masa depan, untuk mengungkap kebenaran yang tersembunyi di balik tabir legenda agung dari masa lalu.

Di dalam setiap makhluk terdapat kisah kehidupan. Di balik keganasan dan kelicikan musuh Anda terdapat permadani menarik tentang asal usul, kepribadian, dan motivasi mereka yang menunggu untuk diungkapkan.

Sebagai Yang Ditakdirkan, Anda akan mengungkap kisah di balik berbagai karakter, menggali lebih jauh dari pertarungan Anda dengan mereka, untuk merasakan cinta dan benci, keserakahan dan kemarahan yang pernah mereka miliki dan masih mereka bawa.

Pertama kali diumumkan pada 2020, demo reel berdurasi 13 menit dari game ini menarik perhatian karena gameplaynya yang mengesankan dan fidelitas visualnya yang tinggi.

Beberapa gamer mengatakan bahwa game ini memiliki potensi untuk menjadi salah satu game AAA pertama yang sukses di Tiongkok, sebuah klasifikasi informal dalam industri video game yang mengacu pada judul-judul premium dengan anggaran produksi lebih besar serta teknologi dan seni yang lebih maju.

Jika tidak ada aral melintang, game ini akan diluncurkan di komputer pribadi pada Agustus 2024, diikuti oleh konsol pada tanggal yang belum ditentukan, menurut situs web pengembang Game Science.

Sesaat setelah diumumkan, Black Myth: Wukong menjadi salah satu pencarian trending teratas di platform media sosial Tiongkok, Weibo, ketika pengguna merayakan persetujuan tersebut.

Namun beberapa gamer juga menyatakan kekhawatirannya bahwa versi domestik mungkin akan disensor, sehingga menghilangkan unsur mitos atau berdarah.

Baca Juga: Perbedaan Game dan Judi Online, Wajib Tahu

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU