Kamis, 23 Mei 2024
Selular.ID -

Apple Minggir! Snapdragon dan MediaTek Berlomba Jadi Teratas

BACA JUGA

Selular.ID – Persaingan dua vendor chip ternama yang biasa hadir di smartphone android, Snapdragon dan MediaTek punya dua chipset gahar yang akan hadir tapi punya performa diluar nalar.

Snapdragon 8 Gen 4 dan MediaTek Dimensity 9400 kedua chipset yang kini sedang di perbincangkan. Keduanya belum rilis resmi tapi rumor mengenai performanya sudah beredar.

Ga sembarangan, kedua chipset ini digadang-gadang punya kemampuan yang malahan melampaui Chipset milik Apple, Bionic A18 Pro.

Sama, Bionic A18 Pro juga belum rilis namun yang pasti chipset ini akan hadir di smartphone iPhone 16 varian tertinggi serta kabarnya sudah 3 nanometer.

Sebelumnya dilaporkan bahwa A18 Pro menawarkan peningkatan kinerja single-core secara signifikan.

Kini keterangan rahasia @negativeonehero di X kini melaporkan bahwa kinerja multi-core A18 Pro Apple mendatang hanya hadir dengan peningkatan 10%.

Meskipun meningkat hal tersebut yang dilaporkan malah nyatanya lebih rendah dibandingkan dengan dua andalan Android generasi berikutnya yakni, Snapdragon 8 Gen 4 dan Dimensity 9400.

Menurut @negativeonehero, A18 Pro mendapat skor sekitar 8200 dalam tes multi-core Geekbench.

Sebagai perbandingan, Snapdragon 8 Gen 4 dan Dimensity 9400 masing-masing mencetak skor 10628 dan bahkan lebih tinggi lagi yaitu 11739 poin.

Meskipun skornya sedikit berbeda setiap kali Anda melakukan pengujian, perbedaan ini tetap signifikan untuk diabaikan dan mungkin sebenarnya memungkinkan ponsel andalan Android generasi berikutnya memiliki kemampuan kinerja puncak yang lebih tinggi dibandingkan dengan model iPhone 16 Pro varian tertinggi.

Berbicara tentang skor inti tunggal, Snapdragon 8 Gen 4 mencapai 3.500 poin dalam inti tunggal, yang sekali lagi, sedikit lebih tinggi dari 3.300 poin pada A18 Pro.

Dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 3, yang mencapai sekitar 2200 poin di Geekbench single-core, angka 3500 (atau bahkan 2845 yang ditunjukkan pada gambar), jika benar, akan menjadi peningkatan kinerja yang signifikan.

Dimensity 9400 juga menawarkan peningkatan hampir 20% pada skor single dan multi-core dibandingkan dengan Dimensity 9300.

Namun, semua chip yang kita bicarakan saat ini sedang dalam pengembangan dan akan dirilis menjelang akhir tahun 2024. Jadi meskipun ini masih rumor, peta persaingan chip di papan atas pastinya akan semakin ketat.

Baca juga : Bukan MediaTek! Menurut Canalys, Ini Chipset Andalan Infinix Dkk

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU