Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Waspada File Apk Pemilu, Intai Pengguna Ponsel Bisa Kuras Data dan Uang

BACA JUGA

Selular.ID – Masyarakat Indonesia baru saja melakukan pemilhan umum pada 14 Februari 2024, tentu momen ini dimanfaatkan untuk mencari keuntungan bagi penipu yang tak bertanggung jawab.

Tema Pemilu 2024 jadi faktor penarik para penjahat, dengan sasaran para pengguna yang tidak teliti dalam memberikan izin sebuah aplikasi untuk diinstal.

Para penipu berinovasi dengan modus baru, yaitu menyebarkan file Apk yang disamarkan dengan berbagai kebutuhan yang menyesuikan dengan siituasi dan kondisi.

Seperti sebagai undangan pemilu, informasi daftar pemilih, atau aplikasi terkait pemilu lainnya.

File Apk, yang juga lazim disebarkan melalui pesan singkat (SMS), seolah-olah tidak bekerja. Secara kasat mata hanya halaman muka berisi logo KPU.

Namun sejatinya pada sistem operasi di ponsel Anda, Apk yang telah terinstall, sedang menyusup setiap folder, mengorek database cara detail.

Dengan smartphone yang berisikan file penting seperti data pribadi, hal ini memungkinkan penjahat siber mengambilnya. Data ini kemudian dapat mereka gunakan untuk bertransaksi.

Dalam kasus data perbankan, mereka bisa bertindak seolah-olah nasabah dan melakukan penarikan atau pengiriman dana dengan otorisasi penuh.

File Apk ni berbahaya dan dapat mencuri data pribadi, pasalnya malware dalam file Apk dapat mengakses data pribadi seperti nama, alamat, nomor telepon, KTP, dan bahkan password akun bank.

Juga menguras uang, penipu dapat menggunakan data pribadi yang dicuri untuk melakukan transaksi keuangan ilegal, seperti transfer uang atau pembelian online.

Tak hanya itu file Apk juga dapay merusak perangkat, malware dapat merusak perangkat dan menyebabkan kerusakan data atau bahkan kehilangan perangkat.

Bagi kalian perlu waspada saat situasi saat ini, untuk menghindarinya kalian bisa mendeteksi file Apk penipuan tersebut, berikut ciri-ciri File Apk Penipuan, yang dirangkum dari berbagai sumber:

• Nama file mencurigakan: File Apk penipuan biasanya menggunakan nama yang mirip dengan aplikasi resmi KPU, seperti “KPU Pemilu 2024.apk” atau “Undangan Pemilu.apk”.

• Sumber tidak resmi: File Apk penipuan disebarkan melalui pesan singkat, WhatsApp, email, atau media sosial oleh orang yang tidak dikenal.

• Diluar Play Store: File Apk penipuan tidak tersedia di Google Play Store.

Tips Menghindari Penipuan File Apk Pemilu
• Jangan klik link atau download file APK dari sumber yang tidak dikenal.
• Hanya download aplikasi KPU dari Google Play Store.
• Pastikan perangkat memiliki antivirus yang up-to-date.
• Jangan memberikan data pribadi kepada siapapun.
• Laporkan ke KPU atau pihak berwenang jika menerima file APK mencurigakan.

Baca Juga:Cara Lapor Kecurangan Pemilu 2024 Melalui Handphone

Berikut beberapa sumber informasi resmi terkait Pemilu 2024:
• Website KPU
• Aplikasi KPU RI Pemilu 2024
• Media sosial KPU: Seperti Facebook, Instagram dan X (sebelumnya Twitter)

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU