Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Tecno Pamer Prototipe Ponsel Gulung di MWC 2024

BACA JUGA

Selular.ID – November tahun lalu Tecno meluncurkan ponsel lipat Phantom V Flip 5G di Indonesia.

Di saat bersamaan, di kancah global, perusahaan menghadirkan konsep ponsel lipat baru yang bisa digulung, yang diberi nama Phantom Ultimate.

Saat itu ini hanya sebatas sebuah konsep, yang hanya terlihat di video demo.

Tetapi sekarang perusahaan memiliki beberapa prototipe sebenarnya dan membawanya ke MWC 2024.

Di sana, Ultimate dipamerkan dan ada beberapa ide menarik lainnya yang muncul di booth Tecno.

Phantom Ultimate mungkin tidak akan pernah menjadi produk ritel, namun kini perangkat bukan hanya konsep, melainkan benar-benar berfungsi.

Ponsel ini dimulai dengan layar 6,55 inci yang membungkus tepi kiri.

Dengan menekan satu tombol, ukurannya akan bertambah lebar dan semakin banyak layar yang keluar, diagonalnya akan bertambah menjadi 7,11 inci (dengan rasio aspek yang berbeda), semuanya dalam rentang waktu 1,3 detik.

Ada “tampilan kedua” di bagian belakang yang sebenarnya ini adalah tampilan utama (dan satu-satunya) yang diputar di bagian belakang.

Di sini tampilannya terlihat melalui jendela kaca, jadi pengguna tidak perlu khawatir merusaknya.

Maraknya ponsel lipat telah mendorong Android untuk mengembangkan dukungan yang lebih baik untuk layar yang tiba-tiba mengubah ukuran dan rasio aspeknya.

Tecno Phantom Ultimate juga merupakan demonstrasi yang bagus karena UI dan aplikasi menyesuaikan setelah tampilannya diperbesar atau diperkecil.

Perangkat ini memiliki ketebalan 9,93 mm, yang dulunya lebih ramping dibandingkan perangkat lipat lainnya, meskipun beberapa model lipat horizontal kini telah mencapai angka di bawah 10 mm.

Kendati Tecno masih bereksperimen dengan ponsel gulung, Tecno sudah memiliki dua ponsel lipat di pasaran, yakni Phantom V Fold dan V Flip.

Baca Juga: Selama 6 Hari Kedepan, Tecno Gelar Acara Tecno Phantom V Flip 5G Grand Exhibition, Pantau Keseruannya

Satu hal yang mereka hasilkan disebut Borderless Foldable Main Screen atau Layar Utama Lipat Tanpa Batas.

Ini cukup deskriptif, yakni modifikasi dari cara Ultra Thin Glass (UTG) dipasang pada ponsel yang memungkinkan pabrikan mengecilkan bezel di sekitar layar, sehingga memberikan rasio layar-ke-tubuh yang lebih baik.

Pada MWC tahun lalu, Tecno meluncurkan Chameleon Color Technology atau Teknologi Warna Bunglon, yang pada dasarnya, sebuah panel di bagian belakang yang bisa diatur ke salah satu dari beberapa ribu warna.

Hal ini dicapai dengan prisma sub-mikron yang bisa diputar oleh medan magnet.

Artinya, efeknya memerlukan cahaya sekitar agar bisa berfungsi, namun di sisi lain, efek ini hanya menggunakan daya yang sangat kecil – sekitar miliampere.

Dan ini juga cukup cepat, hanya memerlukan 0,03 detik untuk beralih ke warna lain.

Selain itu, Tecno mengatakan ini memiliki masa pakai yang sangat lama sehingga pengguna tidak perlu khawatir akan rusak.

Baca Juga: Ponsel Lipat Tecno Phantom V Flip 5G Dijual di Indonesia, Harganya Setengah dari Galaxy Z Flip 5

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU