Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Perbedaan Data Warehouse dengan Database, Simak Penerapannya

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Banyak orang terkadang sulit membedakan antara data warehouse dengan database.

Sebelum membahas perbedaan data warehouse dan databasePerusahaan yang memiliki banyak data, membutuhkan sistem penyimpanan data yang aman.

Sistem penyimpanan data memiliki banyak jenis.

Sebagai pemilik perusahaan, penting untuk mengetahui berbagai macam tipe penyimpanan data agar dapat mengambil langkah tepat untuk memastikan efektivitas dan efisiensi proses bisnis dalam suatu perusahaan.

TONTON JUGA:

@selular.id

Resmi Rilis Vivo V30 Pro, Saat ini V30 Series hadir dengan desain yang menawan. Untuk kamera V Series memang tidak perlu diragukan lagi. #vivov30series #vivov30pro #vivoindonesia #zeiss #v30pro #vivo #vivoglobal #CapCut

♬ suara asli – SelularID – SelularID

Ada dua jenis penyimpanan data yang umum digunakan, yaitu data warehouse dan database. Apa perbedaan dari data warehouse dan database?

Berikut penjelasan dan contoh penerapannya di perusahaan.

Baca juga: Didominasi Web Browsing dan Streaming, Trafik Data XL Axiata Naik 11% Saat Pemilu 2024

Perbedaan Data Warehouse dan Database

Data warehouse adalah sebuah sistem yang menggabungkan data dari berbagai sumber untuk membuat laporan dan analisis, sehingga menghasilkan keputusan manajerial yang tepat dan cepat.

Data warehouse menyimpan data dari berbagai periode waktu, yang nantinya akan dianalisis serta mengambil insight yang bermanfaat untuk pengambilan keputusan.

Platform data warehouse mengintegrasikan berbagai sumber, beberapa database, aplikasi analisis, dan dapat mengirim data serta dapat diakses oleh semua departemen.

Data bisnis yang bersifat historical adalah salah satu data yang dapat ditangani data warehouse dan dapat menghasilkan laporan yang kompleks untuk pengambilan keputusan manajerial.

Setelah memahami pengertian data warehouse, mari temukan informasi lebih lanjut mengenai Database.

Database adalah software yang berfungi sebagai sistem manajemen untuk menyimpan, mengatur, dan memproses data.

Database menangani data yang sederhana dengan sangat cepat.

Data warehouse dan database merupakan sistem penyimpanan data, yang membedakannya adalah cara kedua sistem tersebut memproses data.

Data warehouse mengunakan OnLine Analytical Processing (OLAP) untuk menganalisis data yang banyak dengan cepat, sedangkan database menggunakan OnLine Transactional Processing (OLTP) untuk menghapus, memasukkan, mengganti, dan memperbarui data dalam transaksi yang banyak dalam waktu yang relatif singkat.

Database merupakan salah satu komponen dari data warehouse, sehingga data warehouse dan database saling melengkapi.

Baca juga: Alibaba Cloud Kena Getah KPU, Ini Titik Salahnya

Contoh Penerapan Data Warehouse dan Database
- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU