Jumat, 1 Maret 2024
Selular.ID -

Ganjar Inginkan Internet Gratis, Begini Respon Menkominfo

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi memberikan tanggapan terkait program internet gratis dari calon presiden (capres) nomor urut tiga, Ganjar Pranowo.

Menkominfo Budi Arie menyebut jika program dari capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo adalah masuk akal.

Pasalnya, penerapan program internet gratis buat warga lantaran sudah jadi kebutuhan pokok.

“Masuk akal. Internet ini kan sudah hampir kaya oksigen ya. Kebutuhan pokok masyarakat. Internet gratis ini sangat mungkin karena haknya rakyat untuk memperoleh bandwith akses konektivitas, itu haknya rakyat. Pemerintah wajib memenuhi,” kata Budi, awal bulan Januari lalu.

TONTON JUGA:
@selular.id

Kok Bisa!! 3 hape 1 akun WhatsApp! #fiturbaru #whatsapp #2023 #aplikasi2023 #multichat #AdaCintaAdaKitKat #kepo #rabuhujan #tipsandtricks #carawhatsapp

♬ FUTURE HOUSE – Sergey Wednesday

Hal ini dikatakannya menanggapi program internet gratis calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

Program ini sempat menjadi bahan perdebatan pada debat terakhir capres, Minggu (4/2/2024).

Baca juga: Heboh, Capres yang Populer Dalam Sepekan Jelang Debat Kelima

Mulanya, Ganjar mengaku punya program internet gratis untuk sekolah dan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Ia pun menyinggung pernyataan dari capres nomor urut dua Prabowo yang ingin internet gratis itu “otaknya lambat”.

Sementara, sindir Ganjar, cawapres Prabowo, Gibran Rakabuming Raka, banyak bicara soal hilirisasi digital di saat ketimpangan digital masih terjadi di Indonesia.

“Mungkin tidak lengkap yang bapak dengar ucapan saya. Yang saya katakan adalah mana yang lebih penting internet gratis atau makan grartis untuk orang yang sedang susah, untuk orang miskin, untuk orang kalangan bawah,” timpal Prabowo.

“Kalau internet gratis, saya setuju. Tapi jangan internat gratis lebih dipentingkan daripada makan hratis. Makan itu mutlak untuk rakyat kita,” lanjutnya.

“Inilah hebatnya kalau coverage-nya internet bagus pak. Jejak digital tidak akan pernah hilang, Pak Prabowo. Maka statement bapak yang hari ini mencoba mengklarifikasi, rasa-rasanya di publik sudah lewat, pak. Karena pertanyaan bapak itu sangat klir dan membandingkan itu,” balas Ganjar.

“Maka kalau kita bicara bahwa orang yang pilih internet gratis otaknya, maaf, lambat, saya kira statement itu sangat sadis,” ucap mantan Gubernur Jawa Tengah itu.

“Maaf pak Ganjar, saya tegaskan kembali dalam konteks internet gratis kalau dibandingkan dengan makan gratis mana yang lebih diprioritaskan? maksud saya adalah makan gratis diprioritaskan. Bukan berarti internet gratis tidak penting. Sama sekali tidak,” dalih Prabowo.

“Saya apabila jadi presiden, saya akan bawa internet gratis ke seluruh desa di Indonesia. Jelas itu. Tapi makan gratis untuk anak-anak Indonesia dan ibu hamil itu strategic, itu utama bagi saya,” imbuh Menteri Pertahanan tersebut.

Serupa oksigen

Baca juga: Guru Jadi Profesi yang Paling Banyak Gunakan Pinjol

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU