Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

CEO Aris Sudewo: Ticketing Jadi Sumber Pendapatan Baru Nuon

BACA JUGA

Selular.ID – Platform ticketing menjadi sumber pendapatan baru bagi Nuon Digital Indonesia (Nuon).

CEO Nuon Aris Sudewo mengatakan dari tiga layanan utama Nuon, games menjadi sumber pendapatan perusahaan terbesar.

“Dari sisi revenue, (pendapatan) paling besar adalah games. Setelah itu masuk ke musik. Baru ticketing management system,” ucap Aris Sudewo, CEO Nuon, kepada Selular.ID pada acara All-Around Nuon yang digelar di Jakarta, Rabu (7/2/2024).

Mengapa game menjadi sumber pendapatan utama, menurut Aris karena tipikal audiens game berbeda dengan musik dan video.

“Kalau dilihat kenapa game, karena tipikal audiensnya beda pemakaiannya,” tuturnya.

Misalkan berlanggan konten video dan musik, itu kebanyakan subscription satu bulan sekali.

“Sementara kalau di games lebih repetitif, bisa per minggu,” ujarnya.

“Makanya secara volume transaksi, meskipun jumlah usernya kecil, tapi per orang bisa rata-rata bisa 4x sampai 5x pembelian di Nuon. Itu yang menyebabkan revenue Dunia Games juga naik,” ungkap Aris.

Kendati game memiliki kontrubusi pendapatan Nuon terbesar, namun platform ticketing mengalami pertumbuhan terbesar di Nuon.

“Secara kisi-kisi, growth paling besar secara percentage di Nuon adalah Ticketing. Karena memang ini portofolio baru di Nuon, dan secara YoY naik terus dan kami makin dipercaya oleh teman-teman promotor untuk bisa handle event-event major-nya mereka,” aku Aris.

Setelah ticketing, growth terbesar selanjutnya adalah games dan musik.

Growth terbesar kedua adalah dari games. Karena YoY growth-nya, menurut laporan third party data, di Indonesia memang masih tumbuh despite of Asia Pacific growth YoY-nya turun. Spesifik ASEAN yang masih naik itu Indonesia, Vietnam dan Thailand,” papar Aris.

Sementara itu pendapatan dari layanan ringback tone Nuon terus menurun.

“Kemudian di musik itu mix. Layanan streaming masih naik terus. Tetapi kalau di ring back tone (NSP) turun,” ujarnya.

“Streaming memang menjadi kendaraan baru Nuon, EV-nya Nuon lah. Combustive engine yang NSP memang secara market sudah turun. Kami dalam posisi memperkaya isi konten untuk mempertahankan NSP ini,” kata Aris menerangkan.

Nuon Digital Indonesia merupakan salah satu anak perusahaan dari Telkom Indonesia yang saat ini bergerak menjadi Digital Content dan Entertainment company yang mewakili Telkom group sebagai Telco terbesar di Indonesia.

PT. Nuon Digital Indonesia mengelola penukaran voucher layanan digital gim, music streaming, ring back tone, events exclusive ticketing, gim dan berbagai layanan konten berbasis digital lainnya.

Baca Juga: Game Arcade Besutan Nuon Sabet Penghargaan Google Play Best of 2023

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU