Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Cek Yang Harus Kalian Ketahui Mengenai Perangkat iOS

BACA JUGA

Selular.ID – iOS (sebelumnya bernama iPhone OS) adalah sistem operasi seluler yang dibuat dan dikembangkan khusus oleh Apple Inc. untuk perangkat kerasnya.
Artinya, iOS hanya digunakan pada perangkat buatan Apple, seperti, iPhone, iPad (sebelum 2019) dan iPod Touch

iOS merupakan sistem operasi seluler terpopuler kedua di dunia setelah Android. Tentunya iOS memiliki keunggulan dan fitur yang baik, sehingga menjadi daya pikat pengguna iPhone.

Sejak pertama kali dirilis pada tahun 2007, iOS terus mengalami perkembangan dengan penambahan fitur dan peningkatan keamanan. Apple secara rutin merilis pembaruan untuk iOS, yang tersedia untuk semua perangkat yang kompatibel.

Secara keseluruhan, iOS merupakan sistem operasi yang handal dan mudah digunakan, dengan fokus pada keamanan dan privasi.

Namun, perlu diingat bahwa iOS memiliki keterbatasan dalam hal kustomisasi dan harga perangkat.

Baca Juga:Apple Mengalah, iOS 18 akan Dukung RCS dan AI Generatif ke Siri

Fitur dan Keunggulan iOS:
Antarmuka yang intuitif dan mudah digunakan: iOS dikenal dengan antarmuka yang sederhana dan mudah dipelajari, bahkan untuk pengguna awam sekalipun.

Keamanan dan privasi yang ketat: Apple sangat memperhatikan keamanan dan privasi pengguna. iOS memiliki fitur keamanan bawaan yang kuat, seperti sandboxing, code signing, dan data protection. Proses review aplikasi yang ketat di App Store juga membantu mengurangi risiko malware.

iOS berintegrasi dengan mulus dengan perangkat Apple lainnya, seperti Mac dan Apple Watch, sehingga memudahkan transfer data dan berbagi pengalaman pengguna.

iOS dikenal dengan performanya yang lancar dan stabil, bahkan pada perangkat lama.App Store menyediakan jutaan aplikasi untuk berbagai keperluan, mulai dari produktivitas, hiburan, hingga pendidikan.

Tetapi perlu diingat, iOS adalah sistem operasi closed-source, artinya kode sumbernya tidak tersedia untuk umum. Hal ini membuat kustomisasi dan modifikasi lebih terbatas dibandingkan dengan Android.

Perangkat Apple dengan iOS umumnya lebih mahal dibandingkan dengan perangkat Android dengan spesifikasi yang setara.

Keterbatasan kustomisasi: iOS menawarkan lebih sedikit pilihan kustomisasi dibandingkan dengan Android.

iOS jarang diserang malware dibandingkan dengan Android?
1. Sistem operasi yang lebih tertutup: iOS merupakan sistem operasi yang bersifat closed-source, yang berarti kode sumbernya tidak tersedia untuk umum. Hal ini membuat para pembuat malware lebih sulit untuk menemukan celah keamanan dalam sistem operasi iOS.

2. App Store yang terkontrol: Apple memiliki kontrol yang ketat terhadap aplikasi yang tersedia di App Store. Setiap aplikasi yang ingin dipublikasikan di App Store harus melalui proses review yang ketat untuk memastikan bahwa aplikasi tersebut aman dan bebas dari malware.

3. Pembaruan keamanan yang cepat: Apple secara rutin merilis pembaruan keamanan untuk iOS untuk menutup celah keamanan yang ditemukan. Pembaruan ini tersedia untuk semua perangkat iOS, termasuk perangkat yang sudah lama dirilis.

4. Fitur keamanan bawaan: iOS memiliki beberapa fitur keamanan bawaan yang membantu melindungi perangkat dari malware, seperti sandboxing, code signing, dan data protection.

5. Kesadaran pengguna yang lebih tinggi: Pengguna iOS umumnya lebih sadar tentang keamanan perangkat mereka dibandingkan dengan pengguna Android.

Hal ini mungkin karena Apple lebih fokus pada keamanan dan privasi dalam pemasaran produknya.

Namun, perlu diingat bahwa meskipun iOS jarang diserang malware, bukan berarti perangkat iOS tidak bisa terkena malware. Pengguna iOS tetap harus berhati-hati saat mengunduh aplikasi dan menjelajahi internet.

Baca Juga:Pengembang Mulai Uji Aplikasi iOS Diluar App Store

Berikut beberapa tips untuk menjaga keamanan perangkat iOS:
• Hanya unduh aplikasi dari App Store.
• Baca ulasan aplikasi sebelum mengunduhnya.
• Perbarui iOS ke versi terbaru.
• Gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk akun Apple ID Anda.
• Aktifkan fitur Find My iPhone.
• Gunakan antivirus dan firewall untuk perangkat iOS.
Dengan mengikuti tips-tips di atas, dapat membantu melindungi perangkat iOS Anda dari malware.

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU