Rabu, 24 April 2024
Selular.ID -

Bukan Karena AI Banyak Terjadi PHK di Perusahaan Teknologi

BACA JUGA

Selular.ID – Selama beberapa tahun terakhir tidak sedikit perusahaan teknologi kian memangkas jumlah karyawannya, banyak di duga karena tergusur oleh Artificial Intelligence (AI), ternyata tidak juga.

Sebut saja perusahaan yang sudah lakukan pemutusan hubungan kerja diantaranya Microsoft, Amazon, Meta, Netflix, eBay, Riot Games, Honda, TikTok, hingga Google, dan masih banyak lagi.

Seperti contoh Google di tahun 2023 sudah memutuskan hubungan kerja sebanyak 12.000 karyawan. Selama itu menggelontorkan iang pesangon sebanyak $21 Miliar.

Dan untuk selama tahun 2024 atau tepatnya sebulan ini, perusahaan sudah kembali mengeluarkan uang pesangon sebanyak $700 juta.

Namun banyaknya perusahaan lakukan PHK bukan karena seiring berkembangnya teknologi seperti AI, yang memang kehadirannya banyak mempermudah pekerjaan manusia.

Menurut CEO Meta Mark Zuckerberg mengatakan PHK yang melanda industri teknologi bukan disebabkan oleh pertumbuhan kecerdasan buatan (AI).

Hal ini berawal dari upaya perusahaan untuk menavigasi booming e-commerce selama pandemi COVID-19. Kini, mereka menyadari bahwa mereka bisa lebih efisien sebagai organisasi yang lebih ramping, kata Zuckerberg dalam percakapan di podcast Morning Brew Daily.

Khusus untuk Meta, Zuckerberg mengatakan, “AI bukanlah pendorong utama hal tersebut.”

Ketika e-commerce mulai melonjak selama pandemi, Zuckerberg mengatakan sulit untuk memprediksi apakah hal ini akan terus berlanjut.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Meta juga menjadi salah satu perusahaan yang memecat banyak karyawan.

Contohnya pada November 2022, Zuckerberg mengumumkan bahwa perusahaannya memberhentikan lebih dari 11.000 pekerja karena menjadi lebih ramping setelah melakukan investasi besar selama lonjakan e-commerce. Perusahaan memangkas 10.000 peran lainnya pada musim semi lalu.

Baca juga: Daftar Perusahaan Teknologi yang Lakukan PHK di Awal 2024, dari Google hingga Honda

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU