Jumat, 1 Maret 2024
Selular.ID -

Bank DBS Indonesia Proyeksikan BI Bakal Pangkas Suku Bunga

BACA JUGA

Selular.ID – Senior Economist DBS Bank Radhika Rao memperkirakan BI menurunkan tingkat suku bunga acuannya sebesar 25 bps pada kuartal III-2024 dan sebesar 50 bps pada kuartal IV-2024.

DBS Group Research memproyeksikan Bank Indonesia (BI) menurunkan tingkat suku bunga acuannya sebanyak 75 basis poin (bps) sampai menyentuh level 5,25 persen pada akhir tahun 2024.

Baca juga: DBS Foundation Coding Camp Targetkan 102.000 Peserta Untuk Manfaatkan Beasiswa

“BI, kita ekspektasinya (turun) 75 bps, mungkin 25 bps di kuartal III-2024 dan 50 bps di kuartal IV-2024,” ujar Radhika.

Di sisi lain, Radhika memproyeksi Bank Sentral Amerika Serikat (AS) alias The Fed bakal menurunkan suku bunga acuannya sebesar 100 bps pada tahun 2024. Dengan rincian, 50 bps pada kuartal III-2024 dan sebanyak 50 bps pada kuartal IV-2024.

“Ekspektasi kita, di semester II-2024 The Fed akan menurunkan 100 bps,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur BI Perry Warjiyo mulai buka-bukaan terkait rencana suku bunga di tahun 2024. Di mana, bank sentral Indonesia itu membuka peluang untuk memangkas suku bunga acuan di tahun ini.

Namun Perry tak menjelaskan kapan tepatnya suku bunga BI akan mulai diturunkan. Hanya, pada pertemuan bulan Desember 2023, Perry mengungkapkan pemangkasan suku bunga akan mulai pada semester II-2024.

“Dengan arah-arah ke depan, ya tentu saja saya sampaikan ada ruang penurunan suku bunga BI rate. Akan ada. Namun, Harus melihat beberapa kriteria,” tutur Perry.

Perry menjelaskan, kriteria yang dimaksud adalah. Pertama, seberapa cepat penguatan nilai tukar rupiah.

Kedua, tetap terkendalinya inflasi, khususnya inflasi inti, dan juga pergerakan inflasi pangan. Ketiga, bagaimana BI melihat dukungan kredit dalam pembiayaan ekonomi.

Dengan adanya ketiga syarat tersebut dan kemudian BI memangkas suku bunga, tentu ini akan mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia di tahun ini.

Baca juga: Topang Pembangunan Hijau di IKN, Bank DBS Indonesia Dorong Gerakan Hijau Nusantara Berkelanjutan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU