Senin, 15 April 2024
Selular.ID -

Android 15 Bakal Segera Hadir, Janjikan Peningkatan Keamanan Data Dobel

BACA JUGA

Selular.ID – Google telah meresmikan Android 15 dengan merilis preview pertama untuk pengembang sehingga mereka dapat memulai lebih awal dalam membangun aplikasi mereka untuk versi sistem operasi berikutnya.

Dalam laporan di blog resmi Google disebutkan, Android 15 menghadirkan peningkatan pada privasi, keamanan, dan kinerja, serta beberapa peningkatan lainnya.

Karena ini adalah pratinjau pengembang pertama, Google belum mengungkapkan segala sesuatu yang baru, jadi harus menunggu versi selanjutnya untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang pembaruan Android besar berikutnya.

Baca Juga:Chrome Akan Hapus 15 Menit Data Browser di Android

Android 15: Apa yang baru?
Android 15 memiliki versi terbaru dari Privacy Sandbox , yang merupakan inisiatif yang dipimpin oleh Google dengan tujuan utama membatasi data pengguna yang dapat digunakan situs web dan aplikasi untuk iklan digital bertarget.

Android 15 juga menghadirkan API baru untuk membantu pengembang mengoptimalkan kinerja aplikasi mereka dan mengurangi konsumsi daya, terutama untuk aplikasi yang melakukan banyak operasi di latar belakang.

Google memberikan aplikasi pihak ketiga, seperti Snapchat atau Instagram, kontrol lebih besar atas perangkat keras kamera perangkat sehingga aplikasi tersebut dapat menggunakan beberapa fitur yang sama yang tersedia di aplikasi kamera perangkat.

Ini juga akan membantu aplikasi pihak ketiga mengambil gambar dengan kualitas lebih baik, sesuatu yang telah ditangani Samsung pada perangkat Galaxy, dengan seri Galaxy S24 menjadi contoh terbarunya.

Android 15 juga memungkinkan fitur perekam layar untuk merekam konten aplikasi tertentu, bukan seluruh antarmuka pengguna. Meskipun Google belum secara resmi mengungkapkan semuanya.

Android Police melaporkan bahwa Android 15 juga dapat menghadirkan fungsionalitas seperti opsi untuk membuat pintasan layar beranda ke sepasang aplikasi sehingga pengguna dapat dengan cepat mulai menggunakan aplikasi tersebut dalam mode multi jendela.

Tidak semua yang ada di Android 15 dapat berfungsi sama di perangkat Galaxy seperti pada perangkat Pixel. Misalnya, Samsung memiliki penerapan perekam layarnya sendiri sehingga Android 15 yang memiliki perekaman layar sebagian belum tentu dapat dilakukan di ponsel pintar dan tablet Galaxy juga.

Sementara itu, membuat pintasan pasangan aplikasi adalah sesuatu yang diizinkan Samsung selama bertahun-tahun karena fokusnya pada kemampuan multitasking perangkatnya.

Baca Juga:Ini Dia Nama Kode Terbaru Android 15

Kapan Android 15 resmi dirilis?
Google akan merilis total dua pratinjau pengembang Android 15 dan empat versi beta sebelum versi baru siap untuk penggunaan publik. Rilis final akan dilakukan sekitar bulan Juli untuk perangkat Pixel kecuali ada masalah tak terduga yang menyebabkan penundaan.

 

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU