Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Spotify PHK 1.500 Karyawan

BACA JUGA

Selular.ID – Spotify menjadi perusahaan teknologi terbaru yang akan memberhentikan karyawannya sebagai langkah penghematan biaya.

Menurut memo publik dari Daniel Ek, salah satu pendiri dan CEO platform streaming audio Swedia, sekitar 17% tenaga kerja akan diberhentikan.

Perhitungan cepat berdasarkan laporan triwulanan terbaru menunjukkan bahwa jumlah ini adalah sekitar 1.500 dari total 9.241 karyawan di seluruh dunia.

Ini adalah ketiga kalinya Spotify memberhentikan karyawannya, selain menaikkan harga layanan berlangganan Premium.

Pada bulan Januari terdapat 600 orang yang dibebaskan, dan 200 orang lagi dari divisi Podcast akan dikeluarkan pada bulan Juli.

Eksekutif mengatakan bahwa pengurangan yang lebih kecil pada tahun 2024 dan 2025 telah dibahas, tetapi kesenjangan antara tujuan keuangan negara dan biaya operasional saat ini mengarah pada keputusan saat ini.

Baca Juga: Konten Meditasi untuk Kesehatan Mental Tersedia di Spotify

Jumlah karyawan Spotify meningkat “secara signifikan” pada tahun 2020 dan 2021, demikian bunyi memo tersebut.

The Wall Street Journal mencatat bahwa jumlah karyawan meningkat hampir dua kali lipat seiring dengan upaya perusahaan untuk meningkatkan konten, pemasaran, dan “vertikal baru”.

Tahun 2022 dan 2023 berikutnya lebih produktif, namun Spotify gagal menjadi lebih efisien, sehingga mendorong Ek dan perusahaannya mengambil tindakan drastis.

Setiap karyawan yang diberhentikan akan mendapatkan pesangon sekitar lima kali gaji bulanan dan PTO yang masih harus dibayar dan belum digunakan akan dibayarkan.

Layanan kesehatan akan diberikan selama masa pesangon, dan karyawan berhak bekerja di tempat baru setelah dua bulan.

Ek menunjukkan hal ini akan memungkinkan Spotify untuk memiliki “pendekatan yang lebih fokus”, dan peralihan sumber daya manusia bukanlah sebuah langkah mundur, melainkan sebuah “reorientasi strategis”.

Karyawan yang tersisa seharusnya “cerdas tanpa henti” dalam segala cara perusahaan beroperasi, mengatasi masalah, dan berinovasi di masa depan.

Baca Juga: Begini Cara Mengakses Hasil Wrapped 2023 Spotify

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU