Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Samsung Tidak Kebagian, Qualcomm Cuma Andalkan TSMC untuk Snapdragon 8 Gen 4

BACA JUGA

Selular.ID – Seorang keterangan rahasia terkenal di X membagikan beberapa detail menarik seputar SoC Snapdragon 8 Gen 4, padahal kita bahkan belum melihat Snapdragon 8 Gen 3 yang baru dirilis beraksi.

Namun kebocoran keterangan rahasia sejauh ini sebagian besar akurat, jadi ada alasan untuk mempercayai laporan tersebut.

Menurut @Tech_Reve, Qualcomm hanya akan mengandalkan TSMC untuk membuat chipset Snapdragon 8 Gen 4 berbasis 3nm tahun depan.

Kabarnya, perancang chip telah memutuskan untuk bertaruh pada TSMC sekali lagi karena berencana menggunakan inti CPU Oryon khusus dan tidak ingin mengorbankan daya dan efisiensi dengan rangkaian inti baru.

Bisa dibilang Qualcomm tidak yakin dengan hasil atau kinerja Samsung.

Namun, strategi sumber chip ganda masih direncanakan pada tahun 2025 ketika Snapdragon 8 Gen 5 keluar, sedangkan Snapdragon 8 Gen 4 untuk Galaxy akan diproduksi di pabrik pengecoran Samsung 3GAP. Setidaknya, menurut outlet berita Taiwan.

Baca Juga: Qualcomm Siapkan Snapdragon 8CX Gen 4 Pesaing Apple M2

Keputusan Qualcomm memang masuk akal, mengingat perbedaan mencolok antara chipset Snapdragon 8 Gen 1 dan Snapdragon 8+ Gen 1.

Yang pertama diproduksi oleh Samsung dan memiliki masalah pelambatan serta efisiensi yang lebih rendah, sedangkan varian Plus keluar dari pabrik TSMC dan terbukti menjadi chip yang lebih baik secara keseluruhan.

Kembali ke Snapdragon 8 Gen 4, keterangan rahasia menyarankan bahwa itu akan membawa kinerja yang mengesankan ke dunia Android tanpa menghabiskan terlalu banyak daya.

Dalam skenario multi-core, SD8 Gen 4 dikatakan melampaui 10.000 poin di Geekbench 6, sedangkan GPU Adreno 830 menawarkan tingkat konsumsi daya yang sama dengan Snapdragon 8 Gen 2 sekaligus menawarkan peningkatan kinerja yang luar biasa.

Seluruh SoC dikabarkan hanya mengonsumsi 8W.

Bagaimanapun, Snapdragon 8 Gen 4 masih sekitar satu tahun lagi, jadi mungkin masih akan lebih banyak detail tentangnya saat pengumuman sebenarnya semakin dekat.

Baca Juga: Qualcomm Bagi Produksi 3nm Snapdragon 8 Gen 4 antara TSMC dan Samsung

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU