Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Survei Kaspersky, 90% Pengguna Berbelanja Secara Spontan

BACA JUGA

Selular.ID – Survei terbaru Kaspersky mengungkapkan bahwa 90 persen pembelian terjadi secara spontan selama Black Friday dan Cyber Monday.

Ditemukan juga bahwa media sosial memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap hasil penjualan, karena lebih dari setengah (58%) pengikut berupaya mendapatkan penawaran khusus apa pun yang direkomendasikan oleh influencer dan blogger online favorit mereka.

Survei ini juga menemukan bahwa perempuan (22%) merupakan pembelanja super-sales yang lebih berdedikasi dibandingkan laki-laki (17%), dan sebagian besar responden (69%) siap menunggu acara besar untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Black Friday dan Cyber Monday adalah momen penjualan global yang sangat populer. Mereka biasanya melibatkan jutaan orang di seluruh dunia.

Secara khusus, penjualan online Black Friday tumbuh 3,5 persen menjadi US$65,3 miliar secara global pada tahun 2022.

Selain itu, menurut survei Salesforce mengenai rekap penjualan, konsumen menghabiskan sebesar US$1,14 triliun online secara global sepanjang musim liburan.

Mempertimbangkan hal ini, Kaspersky mengeksplorasi perilaku dan kebiasaan pengguna terkait momen besar seperti Black Friday dan Cyber Monday.

Hasil survei menunjukkan bahwa sebagian besar konsumen tidak dapat menahan banyaknya penawaran khusus selama Black Friday atau Cyber Monday, dan sebagian besar konsumen membeli apa pun meskipun itu diluar perencanaan mereka.

90% responden membeli barang secara spontan selama penjualan tersebut, dan sebanyak 57% melakukannya hampir atau bahkan sepanjang waktu.

Selain itu, blogger, teman, dan kerabat juga mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembelian spontan. Misalnya, 58% responden bersedia membeli suatu produk jika mereka melihatnya di rekomendasi blogger yang diikuti.

Pada saat yang sama, 40% pengguna siap membeli sesuatu yang tidak direncanakan jika mereka menerima rekomendasi dari teman atau anggota keluarga.

Wanita adalah pembelanja super-sales yang lebih berdedikasi, dengan 22 persen mengatakan mereka akan selalu melakukan pembelian spontan selama Black Friday dan Cyber Monday, dibandingkan dengan hanya 17 persen pria.

Mereka yang berusia 25 hingga 34 tahun juga menonjol: 23 persen mengatakan bahwa mereka akan selalu membeli sesuatu secara spontan selama momentum besar tersebut, jauh lebih banyak dibandingkan kelompok usia lainnya.

Mengenai pentingnya acara penjualan besar bagi responden, 71 persen bersedia menunggu hingga acara besar seperti Black Friday atau Cyber Monday untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Sementara 75 persen konsumen mengatakan bahwa mereka memanfaatkan momen menjelang acara ini untuk merencanakan pembelian dalam jumlah besar lebih awal, dengan harapan dapat memanfaatkan potongan harga dan penawaran khusus semaksimal mungkin.

Baca juga : Tahun 2024? Kaspersky: Kuatkan Pertahanan Keuangan Dari Berbagai Ancaman

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU