Minggu, 3 Desember 2023
Selular.ID -

Kejutan Pasar Smartphone Indonesia Q3-2023, Transsion Merangsek Ke Posisi Tiga

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Pengiriman ponsel pintar di Indonesia tumbuh untuk pertama kalinya dalam dua tahun pada kuartal ketiga 2023, didorong oleh pemotongan harga yang agresif di sebagian besar segmen.

Menurut laporan perusahaan riset IDC, pengiriman meningkat 8,8 persen dibandingkan tahun lalu menjadi 8,9 juta unit, dipimpin oleh perangkat dengan harga lebih dari $600.

Perangkat dengan harga antara $200 dan $600 tumbuh 16,8 persen. Model kelas bawah tumbuh, namun hanya mencatat kenaikan 2,7 persen.

Fokus pada model dengan harga lebih tinggi meningkatkan ASP (average selling price) sebesar 9 persen menjadi $205, pertumbuhan kuartal kedelapan berturut-turut.

Setelah turun pada kuartal sebelumnya, pengiriman model 5G kembali tumbuh 54 persen dan menyumbang 19,2 persen dari total pengiriman.

Dengan persaingan yang semakin ketat antar vendor, posisi lima besar terjadi perubahan. Transsion, Xiaomi dan vendor di kategori lainnya mendorong pertumbuhan. Namun pengiriman Oppo, Samsung dan Vivo menurun.

Baca Juga: Transsion Group Bukan Lagi Vendor Kaleng-kaleng, Pendapatannya Bikin Geleng-geleng

Tercatat, Oppo mampu mempertahankan peringkat teratas meskipun pengirimannya turun 4,4 persen menjadi 1,8 juta dan pangsanya dari 22,9 persen pada Q3 2022 menjadi 20,1 persen.

Begitu pun dengan chaebol Korea. Pengiriman Samsung turun 17,8 persen menjadi 1,4 juta dan pangsanya menciut 5,3 poin persentase menjadi 16,3 persen.

Seperti halnya Oppo dan Samsung, pengiriman Vivo juga turun 16,9 persen menjadi 1,3 juta. Sehingga pangsa pasarnya anjlok dari 18,8 persen menjadi 14,4 persen. Penurunan kinerja ini membuat Vivo tergelincir ke posisi lima.

Sebaliknya pangsa pasar Transsion (Tecno, Itel, Infinix) meningkat dari 9,4 persen menjadi 15,6 persen, dengan pengiriman meningkat 79,7 persen menjadi 1,4 juta unit. Pencapaian itu menempatkan Transsion di posisi ketiga untuk pertama kalinya di pasar Indonesia.

Xiaomi tetap berada di posisi keempat, dengan pengiriman tumbuh 17,9 persen menjadi 1,3 juta dan pangsanya meningkat dari 13,6 persen menjadi 14,7 persen.

Baca Juga: Top 5 Vendor Smartphone Global Q3-2023, Canalys: Transsion Susul Oppo

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU