Sabtu, 18 Mei 2024
Selular.ID -

Google Surati Uni Eropa Desak Apple Buka Akses iMessage

BACA JUGA

Selular.ID – Google telah menggalang dukungan dari operator terkemuka Eropa untuk mengirim surat ke Komisi Eropa, memintanya untuk menunjuk iMessage Apple sebagai “layanan platform inti”.

Hal ini akan memaksa Apple untuk membuat iMessage kompatibel dengan RCS seperti WhatsApp dan Google Messages pada Maret 2024.Hal ini akan memaksa Apple untuk membuat iMessage kompatibel dengan RCS seperti WhatsApp dan Google Messages pada Maret 2024.

Berdasarkan laporan Financial Times, Google, Vodafone, Deutsche Telekom, Telefónica, dan Orange berada di balik permintaan tersebut.

Berikut beberapa latar belakang masalah ini.

Pada bulan Agustus, UE memberlakukan Undang-Undang Pasar Digital (Digital Markets Act/DMA) untuk memastikan tingkat persaingan yang lebih tinggi di pasar digital UE dengan mengatur kekuatan perusahaan-perusahaan besar.

Peraturan tersebut menyebut entitas besar sebagai penjaga gerbang – platform digital besar dengan lebih dari 45 juta pengguna aktif di UE dan pendapatan tahunan sebesar €7,5 miliar.

Jika iMessage milik Apple ditemukan sebagai platform seperti itu, Apple harus membuatnya kompatibel secara silang dengan platform perpesanan lainnya pada bulan Maret 2024.

Namun Apple berargumen bahwa iMessage tidak memiliki 45 juta pengguna aktif di UE dan karenanya tidak memenuhi syarat untuk memenuhi kriteria persyaratan tersebut.

iMessage Apple iPhone Google

Google dan operator terkemuka Eropa berpendapat iMessage memenuhi kriteria Undang-Undang Pasar Digital, dan ingin Komisi Eropa mewajibkan Apple membukanya untuk interoperasi dengan aplikasi perpesanan lainnya.

Otoritas regulasi UE sedang menyelidiki iMessage dengan asumsi iMessage berkontribusi secara tidak langsung terhadap pendapatan Apple.

Keputusan tersebut akan diambil pada bulan Februari 2024, dan jika iMessage dianggap sebagai layanan inti, Apple harus mengakhiri seluruh masalah gelembung hijau-biru di UE untuk selamanya.

Baca Juga: Layanan RCS Milik Google Hadir di Indonesia Melalui Indosat

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU