Sabtu, 2 Maret 2024
Selular.ID -

Google Messages Bisa Kirim Gambar Ultra HDR melalui RCS

BACA JUGA

Selular.ID – Google diam-diam menambahkan dukungan untuk Format Gambar Ultra HDR baru Android di Google Messages saat mengirim pesan melalui RCS.

Gambar dalam format ini bila dikirim melalui RCS akan mempertahankan meta datanya dan akan ditampilkan dengan benar di perangkat penerima.

Hal ini pertama kali diketahui oleh TheSpAndroid melalui penyertaan flag bugle.support_ultra_hdr di dalam APK aplikasi.

Postingan blog penulis mengonfirmasi melalui pengujian crowdsourced bahwa fitur tersebut memang berfungsi di perangkat Google Pixel 8 saat mengirim gambar melalui RCS.

Baca Juga: Layanan RCS Milik Google Hadir di Indonesia Melalui Indosat

Format Gambar Ultra HDR adalah penyertaan terbaru di Android 14.

Format ini pada dasarnya adalah variasi dari JPEG yang terhormat dan bekerja dengan menyandikan gambar peta perolehan rentang logaritmik dalam metadata.

Saat gambar tersebut ditampilkan pada perangkat yang dapat membaca metadata ini dan memiliki tampilan HDR, gambar tersebut ditampilkan dalam rentang dinamis yang lebih luas dengan pencahayaan sorotan yang lebih terang dan detail bayangan yang lebih besar.

Saat ditampilkan pada perangkat tanpa dukungan metadata, gambar JPEG dasar ditampilkan dalam rentang dinamis standar.

Baca Juga: 4 Operator AS Siap Ganti SMS dengan RCS

Google menambahkan dukungan untuk fitur ini pada bulan September sebelum peluncuran Pixel 8.

Perangkat Pixel 8 adalah perangkat Android pertama yang mengambil gambar dalam format ini dan meskipun perangkat Pixel lama tidak dapat menangkapnya, perangkat tersebut masih dapat menampilkan gambar tersebut sebagaimana mestinya.

Namun, meskipun fitur ini kini sudah terpasang di Android, adopsinya belum luas.

OnePlus dan Oppo memiliki versi fitur ini yang mereka miliki di versi Android mereka yang disebut ProXDR dan metadata perangkat ini tidak kompatibel dengan perangkat pendukung Ultra HDR seperti ponsel Pixel (dan sebaliknya).

Apple tentu saja memiliki fitur serupa sejak iPhone X dan juga menggunakan metadata uniknya sendiri yang tidak kompatibel dengan yang lain.

Agar teknologi ini relevan, perusahaan harus bersatu dan menetapkan satu format, setidaknya di dunia Android karena kecil kemungkinannya Apple akan mengadopsi standar Google jika sudah memiliki standarnya sendiri, meskipun Apple telah menjanjikan dukungan untuk RCS.

Baca Juga: Samsung Desak Apple Restui RCS

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU