Selasa, 23 Juli 2024
Selular.ID -

Di G20 India, Menkominfo Soroti Pembahasan Digital Economy Working Group

BACA JUGA

JAKARTA, SELULAR.ID – Indonesia turut aktif dalam tiga isu prioritas Kelompok Kerja Ekonomi Digital atau Digital Economy Working Group (DEWG) Presidensi G20 India tahun 2023.

Pemerintah Republik Indonesia berupaya meningkatkan kerja sama dengan berbagai negara untuk memperkuat komitmen mengenai Digital Economy Working Group (DEWG).

Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi mengharapkan lewat pertemuan bilateral Indonesia dapat membicarakan isu-isu strategis terkait dengan pembahasan fokus pada DEWG.

TONTON JUGA:

“Tadi kami melaksanakan pertemuan bilateral dengan Menteri Transformasi Digital Jepang Taro Kono didampingi Menteri Urusan Dalam Negeri Tsuge Yoshifumi,” jelasnya di sela-sela pertemuan bilateral, di Taj West End, Bengaluru, India, Jumat (18/08/2023).

“Juga, dengan Menteri Elektronik dan Teknologi Informasi India Ashwini Vaishnaw sebagai tuan rumah.”

“Sebagai anggota Troika Presidensi G20 India kami menyampaikan pandangan terhadap isu-isu strategis termasuk tiga isu prioritas yang menjadi bagian dari dokumen hasil kesepakatan DEWG,” sambungnya.

Baca juga: Menkominfo Bertolak ke India, Bawa Tiga Isu di Acara G20

Menurut Menteri Budi Arie, dalam pertemuan itu, masing-masing pihak membahas isu mengenai ekonomi digital.

“Sangat baik hubungan kita dengan mereka secara bilateral maupun multilateral. Kami membicarakan beberapa isu terkait ekonomi digital,” ungkapnya.

Menkominfo mengharapkan pertemuan tersebut dapat mempererat hubungan baik antar negara Anggota G20 dan tentunya memfasilitasi kesamaan pandangan terhadap isu-isu prioritas DEWG Presidensi India tahun ini.

“Yang utama adalah mengenai Infrastruktur Publik Digital, kemampuan digital untuk mempersiapkan angkatan kerja, dan yang terakhir soal Keamanan di sektor Ekonomi Digital,” lebih jelasnya.

Selain dengan Menteri dari Jepang dan India, Menkominfo menyatakan India akan membuka peluang kerja sama dengan seluruh negara anggota G20.

Menurut Menteri Budi Arie, pertemuan bilateral yang berlangsung hari ini merupakan ajang bagi Kementerian Kominfo saling bertukar pengalaman.

“Kita selalu mau dan harus bekerja sama dengan semua negara, karena semua negara ini punya pengalaman atau best practice yang mana kita bisa saling bertukar pikiran,” ujarnya.

“Kita perlu saling belajar dari beberapa negara tersebut, yang nantinya akan kita kembangkan pembahasannya,” sambungnya.

Dalam pertemuan bilateral, tidak hanya Menkominfo Budi Arie Setiadi yang hadir.

Ada juga Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo, Mira Tayyiba; Staf Khusus Menkominfo, Sarwoto Atmosutarno.

Lalu Kepala Pusat Kelambagaan Internasional, Ichwan Nasution; serta Konsul Jenderal Republik Indonesia di Mumbai Eddy Wardoyo.

Baca juga: GPFI Presidensi G20 Beri Empat Solusi Inklusi Keuangan

- Advertisement 1-

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

BERITA TERBARU