Rabu, 27 September 2023

Meski Dibandrol Mahal, Konsumen Sejagat Raya Tetap Memburu iPhone

BACA JUGA

Uday Rayana
Uday Rayana
Editor in Chief

Selular.ID – Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2017, iPhone adalah fenomena di industri smartphone yang mampu bertahan hingga kini.

Pasalnya, perangkat besutan Apple itu dibandrol mahal, tapi penjualannya tetap laris bak kacang goreng. Satu-satunya brand yang mampu menyaingi Apple, dari sisi fashion dan harga adalah Blackberry. Namun, vendor asal Kanada itu tak panjang umur, alias bangkrut.

Meski harganya selangit, konsumen iPhone, yang kerap disebut sebagai Apple fan-boy, seolah tak peduli. Padahal fitur yang ditawarkan oleh para pesaing Apple bisa jadi lebih baik.

Bagi konsumen iPhone yang fanatik, kita bisa mengibaratkan mereka sebagai Apple Die Hard. Tidak peduli keren dan canggihnya deratan smartphone premium Android, tetap saja di mata mereka, iPhone adalah yang terbaik.

Meski terkadang untuk membeli iPhone mereka harus menunggu turunnya harga. Itu pun lansiran lama. Saat ini harga iPhone paling murah berkisar Rp 14.499.000 untuk iPhone 13.

Sedangkan iPhone 14 Pro Max adalah varian tertinggi dari iPhone 14 bersaudara. Seri ini punya harga paling mahal dan spek paling yahud.

Baca Juga: Aplikasi ChatGPT Resmi Untuk iPhone

Namun untuk memboyongnya, konsumen harus rela merogoh kantong sangat dalam. Pasalnya, bandrolnya mencapai Rp 31.999.000. Hanya sekitar 2 juta lebih murah jika dibandingkan harga motor Kawasaki KLX 150 terbaru, Rp 33 juta.

Uniknya, saat Apple meluncurkan iPhone murah, yaitu varian SE justru kurang laku. Tengok saja iPhone SE 3 yang sepi peminat.

Sejak diluncurkan pada 3 Maret 2022, iPhone SE 3 tidak memenuhi target penjualan. Padahal harganya hanya berkisar Rp 8 jutaan.

Laman Android Headlines mencatat ada banyak faktor penyebabnya. Antara lain dari aspek desainnya yang ketinggalan jaman, serta masa performa baterai yang kurang gahar.

Sepi peminat membuat Apple berubah pikiran. Vendor yang kini dipimpin oleh Tim Cook itu, disebutkan batal meluncurkan iPhone SE 4.

Informasi ini berasal dari analis Ming-Chi Kuo yang kerap membuat prediksi akurat soal Apple.

“Ini mungkin karena penjualan iPhone kelas menengah ke bawah yang konsisten lebih rendah dari perkiraan,” kata Kuo, merujuk pada iPhone SE 3, iPhone 13 Mini dan iPhone 14 Plus.

Laris manisnya penjualan iPhone tercermin laporan Canalys. Lembaga riset yang berbasis di Singapura itu, belum lama ini merilis daftar 15 smartphone flagship yang paling laris di pasaran pada kuartal pertama 2023. Smartphone yang masuk peringkat ialah yang harganya di atas Rp 7,5 juta.

Selama kuartal 1 2023, pengiriman smartphone flagship di seluruh dunia mengalami peningkatan sebanyak 4,7 persen (year on year) dibanding 2022. Secara total, pengiriman HP flagship di Q1 2023 mencapai 31 persen, tertinggi sejak 5 tahun terakhir.

Canalys menyebutkan bahwa, meski di lini  flagship ada kenaikan jumlah pengiriman, namun jumlah keseluruhan worldwide shipment mengalami penurunan 13 persen (year on year).

Nah, menurut laporan tersebut, iPhone mendominasi daftar 15 smartphone tersebut. Tak tanggung-tanggung sebanyak tujuh varian iPhone masuk dalam daftar tersebut.

Berturut-turut peringkat smartphone flagship terlaris sepanjang kuartal 1-2023 adalah (1) iPhone 14 Pro Max, (2)  iPhone 14 Pro, (3) iPhone 14, (4) iPhone 13, (5) Samsung Galaxy S23 Ultra, (6) iPhone 14 Plus, (7) Samsung Galaxy S23, (8) iPhone 12, (9) Samsung Galaxy S23 Plus, (10) Samsung Galaxy Z Flip 4, (11) iPhone SE (3rd Gen), (12) Samsung Galaxy S22, (13) Xiaomi 13, (14) Huawei Mate 50, dan (15) Samsung Galaxy S21 FE 5G.

Baca Juga: iPhone 15 Bakal Punya Kualitas Kamera Canggih Dari Sony

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU