Selular.ID – Lazada Group meluncurkan LazzieChat, chatbot eCommerce berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence – AI), dengan dukungan ChatGPT OpenAI, dalam Azure OpenAI Service.
LazzieChat dapat menjawab pertanyaan soal berbelanja dari pengguna di platform Lazada untuk memberikan pengalaman belanja yang menyenangkan, seru, dan personal.
Howard Wang, Chief Technology Officer Lazada Group menjelaskan, LazzieChat meningkatkan pengalaman belanja di Lazada dengan menawarkan saran dan rekomendasi produk yang dipersonalisasi sesuai dengan pertanyaan pengguna
“Teknologi ini dapat memahami dan menanggapi pertanyaan dengan cara yang natural, serta menyarankan produk atau topik yang relevan yang mungkin menarik bagi pengguna,”terang Howard Wang.
Selain itu, teknologi ini juga dapat mencari deskripsi produk dan memberikan tautan produk yang tersedia di Lazada langsung di konsol chat, sehingga pengguna bisa mendapatkan informasi dan berbelanja dengan cepat dan nyaman.
Baca Juga:Pemanfaatan AI di Industri Farmasi Indonesia
LazzieChat tersedia dalam Bahasa Inggris di Singapura, Filipina, dan dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris untuk Indonesia.
Nantinya LazzieChat akan tersedia dalam lebih banyak bahasa. LazzieChat dapat diakses dengan menggeser ke bawah halaman beranda aplikasi Lazada.
Dengan adanya tantangan yang menyertai proses pembelajaran bahasa pada chatbot, Lazada akan terus mengoptimalkan algoritma LazzieChat untuk bisa merespons pertanyaan pengguna dengan tepat dan bertanggung jawab, dengan tetap merujuk pada kebijakan trust and safety Lazada.
“Lazada termasuk dalam perusahaan eCommerce pertama di Asia Tenggara yang mengintegrasikan ChatGPT dalam Azure OpenAI Service ke chatbot. Kami yakin AI akan menjadikan pengalaman berjualan dan berbelanja online menjadi aktivitas sehari-hari yang mulus dan lancar untuk semua.” ujar Howard Wang.
Dijelaskan Howard Wang, dengan menggabungkan skala dan kekuatan Microsoft Azure OpenAI Service dengan jangkauan pengguna Lazada, kolaborasi ini akan mengubah perjalanan belanja bagi pelanggan, penjual, dan brand di Lazada.
LazzieChat sangat berguna terutama untuk kategori produk fast-moving (FMCG), seperti fesyen dan kecantikan yang termasuk dalam produk yang paling banyak terjual di Lazada.
Baca Juga:Bos OpenAI Butuh Badan Pengawas Internasional Untuk AI
Brand dan penjual di platform Lazada juga dapat memanfaatkan LazzieChat untuk meningkatkan visibilitas produk. LazzieChat juga siap membantu kapan pun dibutuhkan pelanggan.