Kamis, 21 September 2023
Selular.ID -

Alasan E-Commerce Lokal Mulai Terapkan Inovasi Embedded Finance

BACA JUGA

Selular.ID – Literasi dan inklusi keuangan di Indonesia cenderung rendah. Bank Dunia pada tahun 2021, mengonfirmasi Indonesia memiliki populasi unbanked terbesar ke-empat di dunia. Dan ini menjadi alasan e-commerce lokal terapkan sejumlah inovasi.

Salah satunya dengan menerapkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia.Hal tersebut diungkapkan Vira Widiyasari, Senior Vice President of Fintech and Payment Tokopedia, dikatakan Vira, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2022, mencatat indeks inklusi keuangan Indonesia naik menjadi 85,10%, dibandingkan tahun 2019, sebesar 76,19%.

Dan Embedded finance adalah integrasi layanan keuangan, seperti pembayaran, investasi dan asuransi, ke dalam satu aplikasi yang dikelola perusahaan nonfinansial–dalam hal ini Tokopedia.

Tanpa perlu beralih ke layanan keuangan konvensional sehingga layanan keuangan dapat diakses lebih cepat.

“Dalam menghadirkan inovasi embedded finance di ekosistem Tokopedia secara aman dan terpercaya, kami bekerja sama dengan berbagai mitra strategis, mulai dari perbankan, tekfin, perusahaan asuransi serta insurtech,” jelas Vira.

Baca Juga:Gandeng Mastercard, Indosat Dorong Pembayaran Digital Serta Perluas Inklusi Keuangan

50 Metode Pembayaran Belanja Online
Tokopedia menghadirkan lebih dari 50 metode pembayaran–mulai dari transfer antar bank, kartu kredit, uang elektronik, pay later hingga minimarket–yang mempermudah masyarakat bertransaksi online.

Di sisi lain, data internal Tokopedia juga menunjukkan bahwa metode pembayaran cashless atau nontunai menjadi yang paling populer selama periode Ramadan 2022, baik melalui GoPayLater Cicil, maupun transfer antar bank, uang elektronik dan kartu kredit.

Selain pay later, ada pula metode pembayaran dengan kartu kredit Tokopedia Card, yang bekerja sama Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan didukung VISA.

Melalui Tokopedia Card, pengguna bisa dengan mudah mengakses berbagai fitur, seperti untuk mengaktivasi kartu, mengecek detail transaksi dan riwayat tagihan, serta mengatur penggunaan kartu, hanya lewat aplikasi Tokopedia.

“Data internal Tokopedia mengungkapkan, pengguna yang menggunakan Tokopedia Card meningkat hampir 6 kali lipat selama Maret 2023 dibandingkan bulan pertama diluncurkan. Selain itu, kurang dari satu bulan sejak peluncuran, Tokopedia Card berhasil memberikan kontribusi sekitar 20% dari total penerbitan kartu kredit secara nasional,” jelas Vira.*

Pengajuan Tokopedia Card mudah, aman dan sepenuhnya online; hanya membutuhkan KTP. Hal ini dimungkinkan karena proses pengajuannya memanfaatkan Tokoscore.

Tokoscore merupakan perusahaan afiliasi Tokopedia (tercatat dan diawasi OJK) penyedia Innovative Credit Scoring (ICS), yang menggunakan data transaksi serta perilaku pengguna di Tokopedia untuk menilai profil risiko calon peminjam (creditworthiness) dari segmen underserved.

Dengan mengedepankan keamanan dan privasi data pengguna, demi mewujudkan pemerataan akses finansial melalui teknologi.

Tokoscore menyediakan berbagai inovasi produk untuk membantu para mitra strategis–seperti bank atau fintech–menilai profil risiko calon peminjam.

Misalnya, Income Predictions (memprediksi nilai pendapatan dari calon peminjam), Fraud Flags (memberikan informasi jika calon peminjam memiliki aktivitas mencurigakan di platform e-commerce Tokopedia).

Baca Juga:Tingkatkan Produktivitas Melalui Literasi Keuangan

Serta Address Validation dan Phone Validation (memberikan validasi data alamat dan nomor telepon dari calon peminjam untuk membantu proses verifikasi mitra strategis).

BERITA TERKAIT

BERITA PILIHAN

INDEPTH STORIES

BERITA TERBARU

Sharp Serukan Satu langkah Sehatkan Udara